Thursday 16th of May 2024

Cara Menghitung IPK Semester Untuk SMP, SMA/SMK, Hingga Mahasiswa

×

Cara Menghitung IPK Semester Untuk SMP, SMA/SMK, Hingga Mahasiswa

--

ASCOMAXX.com - Bingung menghitung IPK? Nah, pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai cara menghitung IPK semester yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Diketahui jika IPK atau Indeks Prestasi Kumulatif merupakan sebuah nilai rata-rata dari seluruh mata pelajaran yang ditempuh sejak semester pertama hingga akhir. Sehingga IP akan dihitung per satu semester. Sementara untuk IPK akan dihitung dari semester pertama hingga semester akhir.


Baca juga: Cara Menghitung IPK SMK Terbaru 2023 dengan Baik dan Benar, Mudah Serta Praktis

Baca juga: Nonton Anime Mairimashita! Iruma-kun Season 3 Episode 10 Sub Indo, Asmodeus dan Sabnock Tidak Akur

Baca juga: Nonton Drama Korea Forbidden Marriage (2022) Episode 1-2 Sub Indo, Tayang Hari Ini! Siap-Siap Gemas dengan Interaksinya

Para siswa dari SD, SMP, SMA/SMK, hingga mahasiswa sudah menggunakan perhitungan ini untuk menentukan kenaikan kelas maupun kelulusan mereka. Namun, masih ada beberapa anak yang bingung dengan cara perhitungannya.

Apakah kamu juga bingung untuk menghitungnya? Baca artikel ini sampai habis agar kamu lebih paham!

Cara Menghitung Nilai IPK

Agar bisa menghitung IPK, para mahasiswa harus mengetahui pengertian dari SKS. Berdasarkan beberapa sumber, SKS atau Satuan Kredit Semester merupakan sesuatu yang perlu dipertimbangkan dalam menghitung IPK.

Dalam perhitungan IPK sendiri perlu melibatkan SKS. Setiap mata kuliah memiliki jumlah SKS yang berbeda-beda. Semakin berat mata kuliahnya, SKS-nya biasanya akan semakin besar, seperti skripsi yang memiliki bobot 6 SKS.

Sumber:

UPDATE TERBARU