Thursday 16th of May 2024

Istilah Buntut Kasiran dalam Bahasa Sunda Artinya, Bisa Untuk Menyindir Seseorang Ceunah!

×

Istilah Buntut Kasiran dalam Bahasa Sunda Artinya, Bisa Untuk Menyindir Seseorang Ceunah!

--

Istilah Buntut Kasiran dalam Bahasa Sunda Artinya

Banyak orang yang mengira bahwa buntut kasiran merupakan salah satu gaya rambut trendi yang biasa dipilih oleh anak laki-laki. Akan tetapi ternyata ada sebuah makna atau sindiran dalam istilah buntut kasiran tersebut. Apa artinya?

Buntut /bun-tut/ artinya ekor, merupakan kecap barang (nomina). Dilihat dari bentuknya merupakan kecap salancar yang dibentuk oleh satu morfem dasar bebas.


Baca juga: Rumus Perhitungan Di Excel Disebut Juga dengan Istilah Apa?

Baca juga: Perbedaan Istilah Wota, Otaku, dan Wibu! Terlihat Sama Namun Memiliki Arti yang Berbeda

Baca juga: Siswa yang Menjual Barang Disebut? Ini Dia Jawaban dan Berbagai Istilah Lainnya

Kasiran /ka-si-ran/ – seperti jangkrik; menyerupai jangkrik (kecap sipat). Kecap kasiran asalnya dari kata kasir, yaitu serangka ‘sejenis jangkrik’ (nomina). Bentuk kata kasiran ialah kecap rundayan, hasil menambahkan rarangkén tukang -an pada kata dasar ‘kasir’.

Pengertian, terjemahan, makna, atau arti buntut kasiran adalah pelit; koret, pedit, kumed, cap jahé méré gé hésé. Babasan ini menggambarkan sifat orang yang pelit atau tidak mau berbagi kepada orang lain sehingga bisa jadi babasan untuk menyindir.

Nah, itu dia sekilas pembahasan yang dapat kami sampaikan mengenai kata muhun yang merupakan salah satu ragam bahasa Sunda. Semoga informasi kali ini bermanfaat, ya.

Sumber:

UPDATE TERBARU