Sunday 19th of May 2024

Dioda Bridge Adalah: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan, Kekurangan, dan Simbolnya

×

Dioda Bridge Adalah: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan, Kekurangan, dan Simbolnya

--

ASCOMAXX.com – Artikel berikut ini adalah informasi mengenai pengertian dioda bridge yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Berdasarkan beberapa sumber, Diode atau yang dalam bahasa Indonesia disebut dengan dioda merupakan salah satu komponen elektronika yang memiliki fungsi sebagai penghantar arus listrik ke satu arah. Apabila arusnya terbalik maka komponen dioda nantinya akan menghambat arus listrik tersebut.


Baca juga: Tidak Tahu Bahasa Sundanya Adalah? Dijabarkan Arti Kata Demi Katanya

Baca juga: Lagu NCT Dream yang Terdiri dari 3 Huruf Adalah? Jangan Ngaku NCTzen Kalau Belum Tau!

Baca juga: Wangsul Artinya Adalah, Seberapa Sunda Kamu? Simak Artinya Berikut Ini

Hal tersebut dikarenakan dioda memiliki sifat sebagai penghantar arus listrik ke satu arah atau forward bias dan sebagai penghambat arus listrik dari arah yang sebaliknya atau reverse bias.

Dioda yang dibuat dari bahan semikonduktor ini banyak digunakan sebagai penyearah dalam bentuk gelombang atau wave retifier pada pencatu daya serta detektor radio.

Disamping itu, komponen dioda juga banyak digunakan pada berbagai rangkaian listrik dan elektronika yang membutuhkan hasil “satu arah”. Adapun jenis bahan semikonduktor yang umumnya digunakan untuk membuat komponen dioda adalah bahan Germanium (Ge) dan bahan Silikon (Si).

Sumber:

UPDATE TERBARU