Friday 17th of May 2024

Bangun Kesiangan! Bolehkah Mengqadha Shalat Subuh Di Waktu Dhuha? Begini Sabda Rosulullah SAW

×

Bangun Kesiangan! Bolehkah Mengqadha Shalat Subuh Di Waktu Dhuha? Begini Sabda Rosulullah SAW

--

ASCOMAXX.com – Informasi menarik kari ini akan membahas tentang banyaknya pertanyaan tentang boleh kah kita mengqadha sholat subuh pada waktu dhuha? Untuk mendapatkan jawabannya silahkan simak pembahasan secara lengkapnya berikut ini ya.

Sebagai umat Islam memang sudah seharusnya kita untuk memperhatikan waktu melaksanakan sholat yang tepat. Dalam melakasanakan sholat salah satu hal utama yang penting untuk diperhatikan adalah datangnya waktu sholat.


Mungkin selama ini kitahanya mengikuti saja jam – jam atau wkatu sholat yang sudah ditentukan oleh pemerintah atau alim ulama. Namun, tidak banyak yang mengetahui bagaimana cara perhitungan untuk menentukan kapan sebenarnya waktu sholat tersebut.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya mari kita simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

Baca juga: Kumpulan Soal Tes Ujian Masuk Perguruan Tinggi Fakultas Hukum Tahun 2023 Lengkap Dengan Kunci Jawabannya

Baca juga: Link Download Soal Tes SBMPTN Jurusan Hukum Terbaru Buat Latihan Sebelum Ikut Ujian

Baca juga: Hukum dan Syarat Menikah Siri Dengan Janda Tanpa Wali, Ternyata Ada Hal yang Wajib Kamu Tahu

Kementerian Keagamaan Republik Indonesia menjelaskan bahwasanya , cara menentukan waktu sholat subuh jam berapa itu bisa didasarkan pada paradigma fajar sidik terjadi. Maksudnya yaitu, apabila fajar sidik terjadi ketika matahari berada pada ketinggian -20 derajat (pukul 3.52 WIB) dan sementara Majelis Tarjih menilai -18 derajat (pukul 4.00).

Sedangkan jika menurut teori yang lain dalam jurnal Ilmu Falak berjudul Posisi Matahari dalam Menentukan Waktu Shalat Menurut Dalil Syar’I oleh Zainuddin. Cara menentukan subuh jam berapa adalah mulai pukul 04.01 sampai tampak piringan atas matahari.

Sumber:

UPDATE TERBARU