Tuesday 21st of May 2024

Pasangan Aksara Jawa: Caraka, Swara, Murda, Wilangan, dan Paten yang Wajib Kamu Tahu

×

Pasangan Aksara Jawa: Caraka, Swara, Murda, Wilangan, dan Paten yang Wajib Kamu Tahu

--

ASCOMAXX.com – Pasangan Aksara Jawa jadi hal yang sangat penting untuk bisa merangkai aksara jadi satu kalimat penuh. Karenanya melalui artikel berikut ini adalah informasi mengenai pasangan Aksara Jawa yang wajib kamu tahu. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Aksara Jawa adalah budaya Indonesia. Selama ini kita dikenal dengan keragaman budaya juga tradisinya sejak dahulu. Karena bentang geografinya yang luas, Indonesia memiliki banyak suku yang masing-masing memiliki bahasanya sendiri.


Salah satu wilayah yang paling dikenal di Indonesia adalah Jawa. Punya kebudayaan yang kental, masyarakat suku Jawa memiliki aksara sendiri yang masih dipelajari hingga kini. Begini selengkapnya.

Baca juga: Download Kumpulan Contoh Soal Aksara Jawa Kelas 6 SD PDF/Doc, Disertai dengan Kunci Jawabannya

Baca juga: Contoh Soal Aksara Jawa Kelas 6 SD Kurikulum Merdeka Tahun 2023, Cocok Untuk Latihan Ujian Sekolah

Baca juga: Download Soal Aksara Jawa Pasangan dan Kunci Jawaban Terbaru 2023 Format DOC dan PDF

Sudah bukan rahasia lagi bahwa masyarakat Jawa memang terkenal dengan beragam budayanya. Salah satunya yang dipelajari di lingkungan sekolah adalah pembelajaran aksara dan bahasa Jawa. Aksara Jawa sendiri dikenal sebagai Hanacaraka atau Carakan.

Aksara Jawa merupakan jenis Abugida turunan dari aksara Brahmi. Bentuk aksara Jawa digunakan sejak Kesultanan Mataram pada abad ke-17, tetapi bentuk cetak baru muncul di abad ke-19.

Aksara Jawa sendiri dibagi menjadi beberapa bagian, salah satunya disebut dengan pasangan. Lantas, ada apa saja pasangan aksara Jawa?

Sumber:

UPDATE TERBARU