Thursday 2nd of May 2024

Prediksi Soal IPA Ujian Sekolah SD/MI Kelas 6 Tahun 2023, Bisa Untuk Acuan Belajar!

×

Prediksi Soal IPA Ujian Sekolah SD/MI Kelas 6 Tahun 2023, Bisa Untuk Acuan Belajar!

--

ASCOMAXX.com - Jika saat ini kalian sedang mencari soal-soal ujian sekolah SD MI kelas 6 untuk mata pelajaran IPA, berikut ini akan kami berikan prediksi soal ujian sekolah SD MI kelas 6 tahun 2023 yang bisa digunakan untuk acuan ataupun belajar mengerjakkan soal. Berikut informasi lengkapnya.

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah ilmu pelajaran yang berhubungan dengan cara mencari tahu mengenai alam sekitar secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya sekedar penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa atau berisi fakta, konsep, atau prinsip saja, namun juga merupakan suatu proses penemuan.


Kini, IPA menjadi pelajaran wajib yang diajarkan guna meningkatkan keterampilan anak didik untuk belajar mengenai lingkungan alam sekitar dan juga sains.

Baca juga: Kumpulan Soal Tes Ujian Masuk Perguruan Tinggi Fakultas Hukum Tahun 2023 Lengkap Dengan Kunci Jawabannya

Baca juga: Contoh Soal Latihan Ujian PJOK Kelas 4 Semester 2 Terbaru 2023, Pilihan Ganda Lengkap Kunci Jawaban

Baca juga: Download Kumpulan Soal Ujian Sekolah IPS SD/MI Kelas 6 Tahun 2023, Disertai Kunci Jawaban!

IPA menjadi salah satu mata pelajaran yang ada di jenjang SD MI. Mata pelajaran ini dajarkan khususnya pada kelas 1-6 SD. Setiap semesternya, IPA akan dibuat ujian untuk mengukur kemampuan siswa, termasuk ujian sekolah pada kelas 6 SD. 

Untuk memudahkan belajar, berikut ini akan kami berikan prediksi soal ujian sekolah IPA kelas 6 SD MI yang bisa digunakan untuk latihan dan mengukur kemampuan sudah sejauh mana pemahaman terhadap materi yang telah diajarkan.

Prediksi Soal IPA Ujian Sekolah SD/MI Kelas 6

1. Pemakaian pupuk sangat menguntungkan petani karena dapat meningkatkan hasil pertanian. Namun, penggunaan pupuk yang berlebihan bisa mengganggu keseimbangan lingkungan karena bisa mengakibatkan ... .

A. peningkatan kandungan oksigen di perairan
B. peningkatan hama dan penyakit tanaman
C. penurunan tingkat kesuburan di perairan
D. ledakan populasi tanaman air di perairan

Jawaban: C

2. Kupu-kupu mengalami perubahan bentuk yang disebut metamorfosis sempurna. Tahapan metamorfoosis pada kupu-kupu diantaranya adalah telur, ulat, kepompong, dan kupu-kupu. Dari tahapan tersebut yang merugikan petani adalah … .

A. kepompong
B. kupu-kupu
C. telur
D. ulat

Jawaban: D

3. Tiga enzim yang dihasilkan oleh alat pencernaan di lambung adalah … .
A. Pepsin, renin, amilase
B. Renin, HCl, amilase
C. Renin, pepsin, HCl
D. Amilase, renin, sakrase

Jawaban: C

Sumber:

UPDATE TERBARU