Wednesday 15th of May 2024

Cara Membuat Buku Pulsa Konter, Ada Hal Dasar yang Perlu Diketahui!

×

Cara Membuat Buku Pulsa Konter, Ada Hal Dasar yang Perlu Diketahui!

--

ASCOMAXX.com – Dalam pembahasan berikut ini kami akan menyajikan informasi untukmu yang sedang bingung untuk mengetahui cara membuat buku pulsa konter. Tentu saja hal ini sangat penting diterapkan dalam memulai bisnis konter pulsa.

Beberapa hal perlu diketahui dan dasarnya dalam memulai usaha ini. Salah satunya kamu perlu mengetahui contoh buku pulsa konter yang bisa kamu simak di artikel berikut.


Baca juga: Contoh Buku Pulsa Konter, Ayo Mulai Usaha Dengan Terstruktur!

Baca juga: Cara Top Up Dana Pakai Pulsa dengan Mudah dan Cepat, Ikuti Langkahnya Disini!

Baca juga: Cara Mendapatkan Pulsa Gratis Indosat Rp25 Ribu Terbaru 2023, Gampang Banget! Langsung Cair dalam Hitungan Detik

Masa kini kebutuhan smartphone memang meningkat. Tentunya, penggunaan internet pun sudah bebas digunakan yang pasti membutuhkan kuota. Para pengguna yang membutuhkan kuota pun pasti akan senantiasa membeli kuota di konter dan hal ini memang menjadi bisnis bagus.

Salah satu jenis usaha yang memiliki prospek menjanjikan adalah usaha konter pulsa dan kuota. Hal ini seiring dengan kebutuhan smartphone yang banyak digunakan masyarakat modern. Semakin banyak pengguna HP tentu akan bertambah juga kebutuhan pulsa dan kuota sehingga peluang usaha konter pulsa sangat menjanjikan.

Cara membuat buku pulsa konter

Siapkan buku catatan penjualan 

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mencatat keuangan transaksi keuangan secara manual adalah dengan menyiapkan buku catatan penjualan. Anda bisa menyiapkan buku tulis biasa atau buku folio untuk mencatat transaksi ini sesuai dengan selera Anda. 

Setelah bukunya siap, kini saatnya membuat 6 kolom di buku tersebut. 6 kolom tersebut adalah:

  • Tanggal transaksi.
  • Nomor transaksi harian mulai dari 1 sampai habis. 
  • Nama pembeli.
  • Provider pulsa dan data yang dibeli. 
  • Nomor handphone pembeli. 
  • Jumlah harga yang harus dibayar pembeli. 
  • Masukkan semua catatan transaksi yang keluar dan masuk ke dalam konter Anda setiap harinya ke buku ini. 

Siapkan buku catatan penjualan digital

Penjualan digital ini terjadi ketika pembeli membeli pulsa melalui WhatsApp dan me\mbayarnya menggunakan aplikasi dompet digital. Memang, jika tidak banyak orang yang menggunakan metode ini di konter Anda, Anda bisa menyatukan buku ini dengan buku penjualan di atas. 

Baca juga: Ukuran ID Card B2 di Word, Umumnya Dalam Sentimeter!

Baca juga: Cara Menyambung Kabel Kipas Angin Gantung, Coba Dengan Posisi yang Tepat!

Baca juga: Cek Ukuran ID card B2 di Word Dengan Cara Buatnya, Ikuti Langkah Mudahnya di Sini!

Siapkan buku catatan pembelian

Sama seperti pedagang lain, pedagang pulsa juga membutuhkan buku catatan pembelian. Sebab, mereka menyediakan pulsa dan voucher dari perusahaan provider dan tidak memproduksi pulsa sendiri. 

Buku ini dibutuhkan sebagai penyeimbang buku penjualan. Tujuannya adalah supaya Anda tahu berapa jumlah uang yang keluar untuk pembelian pulsa dan kartu perdana baru. 

Dalam buku ini, setidaknya siapkan 4 kolom yaitu:

  • Kolom tanggal transaksi.
  • Kolom sales yang menerima uang transaksi. 
  • Kolom nomor transaksi dan nama provider.
  • Jumlah uang yang Anda bayarkan. 

Jangan lupa, simpan nota dan faktur pembelian supaya jika ada kendala dalam pembelian pulsa, Anda memiliki bukti yang memadai. 

 Siapkan buku catatan utang piutang

Buku catatan utang disiapkan untuk mencatat utang Anda kepada pihak perusahaan provider sedangkan buku catatan piutang digunakan untuk mencatat pembelian pulsa yang dilakukan secara piutang oleh konsumen Anda. 

Rekap semua saldo penjualan, pembelian dan utang piutang ke dalam satu buku

Langkah terakhir yaitu total semua transaksi penjualan, pembelian serta utang piutang bulanan ke dalam satu buku. Tujuannya adalah supaya Anda mengetahui berapa jumlah penjualan, pembelian, dan utang piutang konter Anda pada bulan ini dan bisa mengambil keputusan yang tepat dari data yang tersedia tersebut. 

Nah, itu dia informasi mengenai cara buat buku pulsa konter yang bisa kami sampaikan semoga bermanfaat.

 

Sumber:

UPDATE TERBARU