Monday 29th of April 2024

Cara Memainkan Suling Sunda yang Mudah Buat Pemula Ikuti 8 Langkah-Langkah Dasar Berikut Ini

×

Cara Memainkan Suling Sunda yang Mudah Buat Pemula Ikuti 8 Langkah-Langkah Dasar Berikut Ini

--

ASCOMAXX.com - Berikut ini kami sampaikan informasi mengenai cara memainkan suling sunda yang mudah buat pemula yang tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Biar tak ketinggalan updatenya, yuk simak di sini.

Indonesia sangatlah kaya dengan keragaman seni budaya tradisionalnya, tiap wilayah mempunyai seni tradisi yang berbeda beda, termasuk juga keragaman alat musik tradisional khas dan unik dipunyai tiap wilayah di Indonesia.


Di Sunda alat musik suling atau suling sunda terbuat dari bambu. Dari jenis tangga-nada nya (bahasa baratnya scala) suling sunda mempunyai beberapa jenis tangga-nada, diantaranya, suling pelog degung, suling madenda atau sorog, suling salendro dan suling mandalungan.

Baca juga: Sinopsis Killing Romance (2023), Sudah Rilis! Film Musikal Thriller Yang Dibintangi Lee Ha Nee dan Lee Sun Kyun

Baca juga: Contoh Sketsa Alat Musik Tradisional Angklung Untuk Ide Menggambar

Baca juga: Mengenal Alat Musik Tradisional dari Jawa Tengah, Ada Apa Saja?

Suling sunda tangga nada diatonis, mempunyai urutan 1(do) 2(re) 3(mi) 4(fa) 5(sol) 6(la) 7(si) mempunyai 6 lubang. Suling akan keluar bunyinya dengan cara ditiup, kekuatan kecepatan yang berbeda dari cara meniupnya menghasilkan nada oktaf yang berbeda.

Tinggi rendahnya nada suling yang kita hasilkan didapat dari pengaturan buka tutup lubang suling tersebut, ditambah dengan kombinasi kekuatan kecepatan meniupnya. Mudah-mudahan akan lebih jelas saya sertakan gambar peraga.

Sumber:

UPDATE TERBARU