Saturday 18th of May 2024

Contoh Penerapan P5 Kurikulum Merdeka Untuk Jenjang PAUD dan Tata Cara Pelaksanaannya

×

Contoh Penerapan P5 Kurikulum Merdeka Untuk Jenjang PAUD dan Tata Cara Pelaksanaannya

--

ASCOMAXX.comLewat artikel pada kesempatan kali ini, akan kami berikan informasi terkait LRT Jakarta yang membuka lowongan pekerjaan untuk sarjana yang perlu diketahui. Simak sampai tuntas rangkuman ini.

Sebagai bentuk dukungan untuk kesuksesan kurikulum merdeka belajar, maka perlunya memahami P5, atau Proyek Pengembangan Profil Pelajar Pancasila. P5 merupakan bagian dari struktur program Merdeka di luar tugas sekolah. Secara resmi, P5 diluncurkan pada awal tahun 2022, tepatnya di bulan Februari. Kurikulum ini akan menjadi pengganti Kurikulum 2013.


Baca juga: Serba Serbi Negara Indonesia Setelah 77 Tahun Merdeka, Warga Negara yang Baik Wajib Tahu!

Baca juga: Contoh Kalimat Perkenalan Diri (Introduction) dalam Bahasa Inggris dan Artinya, Mudah Banget Untuk Dihafalkan

Baca juga: Contoh Penerapan Hukum Newton 2 di Kehidupan Sehari-hari

Empat tema besar dalam penerapan P5

Mengambil dari laman Paudpedia Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), pemilihan topik ini diharap tujukan pada empat tema utama yang telah ditetapkan oleh pemerintah, yaitu:

  • Aku sayang bumi
  • Aku cinta Indonesia
  • Bermain dan bekerja sama/kita semua saudara
  • Imajinasiku/imajinasi dan kreativitasku.

Empat tema utama ini dapat diaplikasikan untuk memudahkan guru dalam penerapan P5 tersebut. Kedepannya, turunan dari tema ini, subtema, dan topik disesuaikan dengan karakteristik daerah/lingkungan yang dekat dengan anak.

Proyek pengembangan profil pelajar Pancasila (P5) diharapkan dikemas dalam suatu aktivitas/kegiatan bermain yang bermakna. Artinya, aktivitas bermain dapat memberikan dampak pengembangan karakter dan berbagai kompetensi anak.

Ketika bermain, anak berkesempatan belajar melalui terjun lapangan langsung, dalam artian pengalaman (hands on experience).

Sumber:

UPDATE TERBARU