Thursday 16th of May 2024

Cara Membuat Rekening Yayasan atau Komunitas Terbaru yang Paling Cepat Tanpa Ribet

×

Cara Membuat Rekening Yayasan atau Komunitas Terbaru yang Paling Cepat Tanpa Ribet

--

Rekening Yayasan umumnya digunakan ketika kita mengadakan penggalangan dana untuk sebuah acara tertentu. Kini hampir semua Bank di Indonesia menerima pembukaan rekening atas nama organisasi berbadan hukum maupun non badan hukum yang memenuhi syarat dan ketentuan.

Umumnya perbankan sudah menyediakan khusus sendiri tabungan yang dikhususkan untuk organisasi. Seperti halnya Bank BRI memiliki tabungan BRITAMA Bisnis. Kalian bisa membuka di Bank BRI, BCA, Mandiri BNI, Cimb niaga, maupun bank syariah serta bank pemerintah daerah seperti Bank jatim, Bank jateng dan BJB.


Baca juga: Cara Tarik Tunai E Money Mandiri di Indomaret, Nasabah Bank Mandiri Bisa Cek Caranya di Sini!

Baca juga: Cara Mengajukan Pinjaman di Bank Secara Offline Lengkap Dengan Persayaratannya yang Wajib Dipenuhi

Baca juga: Cara Gadai Buku Nikah di Bank atau Koperasi Terdekat Buat Ambil Pinjaman Cepat dan Aman

Cara Membuat Rekening Yayasan atau Komunitas Terbaru

  • Siapkan surat Keputusan [SK] tentang kepengurusan organisasi (Komunitas, masjid, yayasan) bisa dalam bentuk bagan yang meliputi susunan lengkap pengurus mulai dari Ketua, Sekretaris, Bendahara, hingga seksi-seksinya.
  • Fotocopy tentang Badan Hukum organisasi dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia [Kemenkum HAM] (Jika berbadan hukum seperti yayasan )
  • Fotocopy nomor pokok wajib pajak [NPWP] ( Diwakilkan cukup oleh ketua dan bendahara)
  • Fotocopy kartu tanda penduduk [KTP] ketua dan bendahara
  • Fotocopy anggaran dasar dan anggaran rumah tangga organisasi
  • Surat Keterangan domisili kantor sekretariat bisa meminta pada pemda setempat
  • Surat kuasa dari organisasi untuk yang diwakilkan
  • Jumlah setoran awal minimal (Setiap bank berbeda beda)
  • Jika sudah lengkap semua kamu tinggal membawa semua peryaratan tersebut ke kantor bank terdekat. 
  • Bawa semua persyaratan oleh ketua dan bendahara, kalau perusahaan atau perwakilan harus ada surat kuasa dari organisasi terkait.
  • Proses akan sama dengan pendaftaran rekening pribadi di CS. Selanjutnya akan dipandu oleh CS sampai pendaftaran selesai.

Dalam membuka dan mengelola rekening yayasan, diperlukan kesadaran dan tanggung jawab yang tinggi untuk menjaga integritas dan transparansi dalam pengelolaan keuangan yayasan. Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan pengelolaan rekening yayasan dengan benar dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Itulah artikel kali ini yang telah membahas mengenai cara membuat rekening yayasan atau komunitas tahun 2023 yang cepat dan praktis. Semoga informasi yang telah disampaikan kali ini dapat membantu serta bermanfaat untuk kamu.

Sumber:

UPDATE TERBARU