Friday 17th of May 2024

Contoh Soal Diagram Pencar (Scatter) dan Pembahasannya, Belajar Statistik Dengan Rumus-rumusnya

×

Contoh Soal Diagram Pencar (Scatter) dan Pembahasannya, Belajar Statistik Dengan Rumus-rumusnya

--

ASCOMAXX.com – Pembahasan kali ini akan kami sajikan informasi untukmu yang ingin mengetahui contoh soal diagram pencar atau diagram scatter yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Matematika merupakan bidang ilmu, yang mencakup studi tentang topik-topik seperti bilangan (aritmetika dan teori bilangan), rumus dan struktur terkait (aljabar), bangun dan ruang tempat mereka berada (geometri), dan besaran serta perubahannya (kalkulus dan analisis).


Baca juga: Download Soal Bahasa Indonesia Kelas 4 Semester 2 PDF, Materi Tentang Pantun!

Baca juga: Rumus Menghitung Kebutuhan Pembesian Tangga dan Langkah-Langkahnya yang Wajib Kamu Ketahui

Baca juga: Contoh Soal Titik Berat Bidang Beraturan, Dilengkapi dengan Rumus dan Pembahasannya

Salah satu cabang ilmu dalam matematika adalah statistika. Cabang ilmu tersebut berisi pengumpulan, pemrosesan, dan penyajian data. Untuk menyampaikan data, kamu bisa menggunakan diagram pencar atau diagram scatter.

Pengertian Diagram Pencar

Berdasarkan beberapa sumber, diagram pencar atau diagram scatter merupakan sebuah diagram yang digunakan saat perlu menyajikan data yang terdiri atas dua variabel kuantitatif atau sering juga disebut sebagai data bivariat.

Grafik diagram pencar memasangkan data numerik dengan satu variabel pada setiap sumbu untuk mencari hubungan di antara mereka. Jika variabel berkorelasi, titik-titik akan jatuh di sepanjang garis atau kurva.

Sumber:

UPDATE TERBARU