Monday 6th of May 2024

Download Kumpulan Prediksi Soal OSN IPA SMP MTS Terbaru 2023, Bisa Untuk Latihan Lengkap Kunci Jawaban

×

Download Kumpulan Prediksi Soal OSN IPA SMP MTS Terbaru 2023, Bisa Untuk Latihan Lengkap Kunci Jawaban

--

ASCOMAXX.com - Untuk kalian yang ingin belajar soal-soal OSN IPA untuk SMP/MTS, berikut ini akan kami berikan contoh soal lengkap beserta jawabannya yang bisa kalian download untuk latihan soal. Soal berikut ini lengkap dengan pembahasan dan kunci jawaban.

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah ilmu pelajaran yang berhubungan dengan cara mencari tahu mengenai alam sekitar secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya sekedar penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa atau berisi fakta, konsep, atau prinsip saja, namun juga merupakan suatu proses penemuan.


Olimpiade Sains Nasional (OSN) pada tingkat SMA atau MA merupakan perlombaan yang dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional dan bertujuan untuk memfasilitasi bakat, minat, dan prestasi peserta didik di bidang sains.

IPA menjadi salah satu mata pelajaran yang ada di perlombaan Olimpiade Nasional Tingkat Sekolah atau ajang kompetisi bagi para siswa dalam bidang sains. Mata pelajaran ini dajarkan khususnya pada kelas 8 9 10. Berikut ini adalah beberapa contoh soal OSN IPA untuk SMP/MTS terbaru.

Baca juga: Download Contoh Soal Psikotest Penerbangan Pilihan Ganda Dan Jawabannya Terbaru 2023, Pelajari Dahulu Sebelum Ikut Test!

Baca juga: Soal OSN IPS SMP Tahun 2023 Kurikulum Merdeka Pilihan Ganda Dan Kunci Jawaban, Download PDF nya Gratis Disini!

Baca juga: Materi Polinomial Kelas 11: Pengertian, Penjelasan, Rumus, dan Contoh Soal

Contoh Soal OSN IPA Tingkat SMP MTS

1. Pernyataan yang benar adalah

A. batu ginjal disebabkan oleh endapan kristal kalsium karbonat di ginjal
B. gagal ginjal disebabkan ginjal yang tidak dapat mensintesis uris
C. batu ginjal muncul disebabkan pola makan yang tidak bersih
D. gagal ginjal disebabkan oleh saluran darah yang menuju ginjal rusak

Jawaban : A

Pembahasan: Gagal ginjal disebabkan karena ketidakmampuan fungsi organ ginjal, sehingga urea masuk ke darah (utermis). Sedangkan batu ginjal disebabkan karena adanya pembentukan endapan zat kapur dalam ginjal

Sumber:

UPDATE TERBARU