Saturday 4th of May 2024

Rumus dan Cara Menghitung Skala Peta, Cuma Perlu Hapalkan 3 Variabelnya, Dijamin Lancar Ngerjain Soal

×

Rumus dan Cara Menghitung Skala Peta, Cuma Perlu Hapalkan 3 Variabelnya, Dijamin Lancar Ngerjain Soal

--

ASCOMAXX.com – Berikut ini kami sampaikan informasi mengenai rumus dan cara menghitung skala peta, yang harus kamu ketahui. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Skala peta adalah perbandingan jarak antara dua titik pada peta dengan penampakan sebenarnya di muka bumi. Oleh sebab itu, penggunaan skala pada peta memungkinkan untuk menghitung jarak antara dua kenampakan sebenarnya di muka bumi apabila jarak kenampakannya pada peta juga diketahui.


Skala ini menjadi hal yang penting dalam pengukuran peta. Karenanya tak heran materi ini wajib dipelajari. Berikut ini akan kami sampaikan pembahasannya buat kamu.

Baca juga: 15 Contoh Soal PTS Geografi Kelas 11 SMA/MA Semester 2 Tahun 2023 Pilihan Ganda Beserta Pembahasannya Lengkap

Baca juga: Download Latihan Soal UTS Geografi Kelas 11 Semester 2 Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2023, Ini Materi yang Bakar Keluar

Baca juga: Link Download PDF Soal PTS Geografi Kelas 10 Semester 2 Tahun 2023, Kerjakan Latihan Ini Biar Makin Mahir Saat Ujian

Rumus Skala Peta

Skala ini menjadi hal yang penting dalam pengukuran peta. Disebutkan bahwa skala peta secara umum dinyatakan sebagai berikut ini. 

Skala peta = jarak pada peta : jarak sebenarnya atau 1/skala peta = jarak sebenarnya/jarak pada peta. Berikut ini merupakan contoh soalnya untuk kamu pelajari.

Sumber:

UPDATE TERBARU