Wednesday 22nd of May 2024

Download Soal PDF CBT UGM Tahun 2023, Soal Dilengkapi dengan Kunci Jawaban!

×

Download Soal PDF CBT UGM Tahun 2023, Soal Dilengkapi dengan Kunci Jawaban!

--

ASCOMAXX.com - Untuk kalian yang ingin belajar soal-soal Utul CBT UGM, berikut ini akan kami berikan contoh soal lengkap beserta pembahasannya yang bisa kalian download untuk latihan soal. Jangan lupa pelajari soal-soal berikut supaya sukses dalam masuk ujian UGM.

Utul UGM merupakan ujian tulis sebagai salah satu syarat masuk Universitas Negeri Gajah Mada. Namun saat ini, dalam pelaksanaan UTUL sudah tidak menggunakan kertas dan pensil lagi saat ujian, melainkan komputer.


Itulah sebabnya Utul UGM kini secara resmi disebut sebagai CBT, kependekan dari Computer Based Test. Meskipun begitu, kini UTUL tetap lebih dikenal sebagai ujian jalur Seleksi Mandiri masuk UGM.

Baca juga: Download Soal OSN Matematika Tahun 2022 Tingkat SMA, Dilengkapi Jawaban dan Pembahasannya!

Baca juga: Download Soal-soal PDF OSN Matematika Tingkat SMA Terbaru, Persiapan Belajar Sebelum Lomba!

Baca juga: Kumpulan Soal OSN Matematika SMA Terbaru Lengkap Pembahasannya!

Dalam ujian mandiri atau UTUL ini terbagi menjadi tiga kelompok, diantaranya kelompok ujian sains dan teknologi (saintek), kelompok ujian sosial dan humaniora (soshum), dan kelompok ujian campuran (saintek dan soshum). Berikut contoh soal UTUL UGM yang bisa kalian download.

Contoh Soal CBT UGM

1. Salah satu gas rumah kaca adalah CO. Tingginya kadar CO dapat menyebabkan efek rumah kaca. Jenis tanaman yang paling diuntungkan dengan adanya peristiwa tersebut adalah ….

  1. C3 saja
  2. C4 saja
  3. CAM saja
  4. C3 dan C4
  5. C4 dan CAM

Jawaban: A

Pembahasan: Tanaman C3 akan mengalami fotorespirasi ketika jumlah oksigen lebih banyak daripada karbon dioksida. Efek rumah kaca merupakan peristiwa peningkatan karbon dioksida atmosfer, sehingga hal ini akan menguntungkan tanaman C3 karena karbon dioksida akan menang jika berkompetisi dengan oksigen, dengan demikian fotorespirasi yang merugikan tidak akan terjadi. Sedangkan C4 dan CAM memiliki mekanisme untuk mencegah terjadinya fotorespirasi. Tanaman C4 memiliki struktur mesofil yang dapat mencegah oksigen berikatan dengan RuBP dan tanaman CAM membuka stomatanya pada malam hari sedangkan fotorespirasi membutuhkan cahaya matahari.

Sumber:

UPDATE TERBARU