Wednesday 29th of May 2024

Contoh Kultum Ramadhan Singkat tentang Puasa Untuk Anak SD, Ada Dalil Pendeknya Juga!

×

Contoh Kultum Ramadhan Singkat tentang Puasa Untuk Anak SD, Ada Dalil Pendeknya Juga!

--

Nah, kali ini kami akan memberikan contoh kultum singkat 5 manit berikut.

Contoh Kultum Ramadhan Singkat 5 Menit Untuk Anak SD

Tema: Puasa Ramadhan

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,


Hadirin yang saya hormati, bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah bagi kita umat muslim. Salah satu ibadah yang kita lakukan di bulan Ramadhan adalah berpuasa.

Puasa Ramadhan adalah menahan diri dari makan, minum, dan segala bentuk perbuatan yang membatalkan puasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Ini adalah ibadah yang wajib bagi setiap muslim yang sudah mampu dan berusia baligh.

Dalil dari puasa Ramadhan ini terdapat dalam Surat Al-Baqarah ayat 183, yang berbunyi, "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

Baca juga: Contoh Soal Kumon Matematika Kelas 1 SD, Lengkap dengan Pembahasannya

Baca juga: Contoh Soal IPA Kelas 6 SD/MI Semester 2 Kurikulum Merdeka TA 2022/2023 Tentang Masa Pubertas, Pilihan Ganda dan Essay

Baca juga: 10 Contoh Soal TIK Kelas 6 SD Semester 2 T.A 2022/2023 Kurikulum Merdeka Pilihan Ganda, Sering Muncul di Ujian Sekolah

Dari ayat ini, kita bisa mengambil hikmah bahwa puasa adalah salah satu cara untuk meningkatkan taqwa kita kepada Allah SWT. Ketika kita berpuasa, kita mengajarkan diri kita untuk lebih sabar, lebih tawadhu, dan lebih disiplin dalam menjalankan ibadah.

Selain itu, puasa juga memiliki manfaat kesehatan, karena dengan berpuasa kita membantu tubuh untuk membersihkan racun dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Sumber:

UPDATE TERBARU