Sunday 12th of May 2024

Download Soal USP Bahasa Indonesia Kelas XII SMA/SMK, Bisa Untuk Latihan Belajar Lengkap Kunci Jawaban

×

Download Soal USP Bahasa Indonesia Kelas XII SMA/SMK, Bisa Untuk Latihan Belajar Lengkap Kunci Jawaban

--

ASCOMAXX.com - Untuk kalian yang ingin belajar soal-soal UPS Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester SMA/SMK, berikut ini akan kami berikan contoh soal pdf lengkap beserta jawabannya yang bisa kalian download untuk latihan soal. Simak ulasan berikut hingga selesai.

Bahasa Indonesia adalah salah satu mata pelajaran wajib yang termasuk dalam mata pelajaran adaptif. Mata pelajaran Bahasa Indonesia ini juga merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan guna meningkatkan keterampilan peserta didik untuk berbahasa.


Baca juga: Download Contoh Soal PIP Paskibraka 2023 dan Kunci Jawabannya PDF/DOC, Dilengkapi dengan Materi dan Kisi-Kisi

Baca juga: Kumpulan Latihan Soal UTS Bahasa Jawa Kelas 2 SD Semester 2 T.A 2023/2024 Kurikulum Merdeka Lengkap Dengan Kunci Jawaban

Baca juga: Contoh Soal USP Ujian Sekolah Administrasi Umum Pilihan Ganda dan Kunci Jawaban Terbaru 2023, Pelajari Dahulu Sebelum Ujian Dimulai

Bahasa Indonesia menjadi salah satu mata pelajaran yang ada di jenjang SMA/SMK. Mata pelajaran ini diajarkan pada kelas 10, 11, dan 12. Setiap semesternya, Bahasa Indonesia akan dibuat ujian untuk mengukur kemampuan siswa.

Untuk mempermudah kalian belajar, berikut ini adalah beberapa contoh soal UPS Bahasa Indonesia kelas 12 untu SMA/SMK terbaru yang bisa kalian jadikan untuk latihan soal sebelum ujian, dilansir dari mengerti.id.

Contoh Soal USP Bahasa Indonesia Kelas 12

2. Termasuk dalam teks yang mengangkat cerita berkaitan dengan orang penting menurut kejadian nyata yang dikemas menjadi lucu dan sangat mengesankan dengan tujuan untuk memberikan kritik. Berdasarkan pernyataan diatas merupakan pengertian teks apa?

A. Cerita lucu
B. Humor
C. Narasi
D. Komedi
E. Anekdot

Jawaban: E
pembahasan: Cerita lucu adalah cerita yang dapat membuat orang tertawa. Humor adalah sikap yang membuat orang lain gembira. Narasi adalah teks yang menceritakan serangkaian peristiwa secara berurutan dapat berwujud fiksi (imajinasi) ataupun nonfiksi. Komedi adalah karya yang lucu dan bertujuan untuk menghibur atau memberikan hiburan. Arti anekdot sesuai penjelasan soal.

2. Tulisan yang berisi dengan tanggapan media atas suatu kejadian atau peristiwa disebut....

A. rubrik
B. kolom
C. esai
D. tajuk rencana
E. jurnal

Jawaban: D
pembahasan: Tajuk rencana adalah sebuah artikel pokok di dalam surat kabar berisi pandangan redaksi atas peristiwa yang marak diperbincangkan saat surat kabar diterbitkan.

Sumber:

UPDATE TERBARU