Wednesday 17th of April 2024

5 Tips Kabur dari Pinjaman Online Illegal Terbaru 2023, Pahami Dahulu Resiko Yang Harus Dihadapi Berikut ini

×

5 Tips Kabur dari Pinjaman Online Illegal Terbaru 2023, Pahami Dahulu Resiko Yang Harus Dihadapi Berikut ini

pinjaman online--

 

Jumlah denda pinjaman online ilegal bisa jadi sangat besar dan mencekik karena mereka tidak mengikuti aturan yang diterbitkan oleh OJK sebagaimana pinjaman online resmi.


Baca juga: Download & Cara Daftar Maucash APK 2023, Pinjaman Online Jadi Makin Mudah dan Aman

Baca juga: Cara Hapus Data dari Pinjol Permanen, Dijamin 100% Aman, Ampuh, dan Anti Teror

Baca juga: Cara Agar Tidak Dikejar Jasa Pengumpulan Utang atau Debt Collector Saat Ambil Kredit dan Pinjol

Cara Kabur dari Pinjaman Online

Namun cara ini adalah solusi yang tidak dibenarkan, terutama bagi mereka yang terlanjur meminjam uang dari pinjol. Faktanya, banyak orang yang berusaha lari dari tagihan pinjol karena mengalami gagal bayar. Tapi jika tetap memaksakan diri,mungkin cara ini akan membantu.

1. Pindah Rumah

Cara ini dapat dilakukan agar para penagih pinjaman online ilegal tidak mengetahui lokasi rumah baru kamu. Kamu harus mempertimbangkan untuk pindah ke rumah kerabat atau teman yang jaraknya cukup jauh dari rumah lama.

2. Ganti Nomor HP

Sebaiknya gunakan nomor HPlain yang tidak biasa digunakan untuk keperluan personal. Hal ini dapat meminimalisir teror yang mungkin diterima dari pihak penyedia pinjaman.

Saat mengisi data pribadi, pastikan untuk menggunakan nomor HP alternatif yang masih aktif dan dapat dihubungi. Menggunakan nomor HP alternatif dapat menghindari proses pelacakan nomor terkait oleh pihak debt collector.

3. Coba Ajukan Permohonan Keringanan

Alangkah baiknya kamu memikirkan lembali dengan matang sebelum kabur dari pinjaman online illegal. Disarankan untuk mengajukan terlebih dahulu permohonan keringanan pembayaran agar tidak perlu untuk kabur ketika melunasi utang

Baiknya memang tidak kabur dan keharusan melaksanakan kewajiban membayar utang pinjol baik yang resmi ataupun tidak resmi. Jika berhasil, maka coba untuk tidak mengulangi nya lagi atau kamu akan menghadapi masalah yang lebih serius

4. Minta Bantuan Lembaga Sosial

Ada beberapa lembaga sosial yang menyediakan program bantuan untuk kamu. Program bantuan ini dapat membantu mengatasi masalah finansial yang sedang kamu alami akibat terjebak dalam teror pinjaman online.

5. Lapor Ke Pihak Berwajib

Kamu dapat melakukan tindakan ini apabila pihak pinjol telah melakukan kesalahan, melanggar perjanjian yang telah dibuat, atau bahkan memakai aksi kekerasan. Segera laporkan kepada pihak berwajib dan minta bantuan hukum untuk menyelesaikan masalah ini.

Cara kabur dari pinjaman online sangat tidak recomended karena lebih banyak berdampak negatif. Jika kamu sudah berani meminjam uang, tentu sudah seharusnya kamu melunasi tagihan tersebut dan melaksanakan kewajiban yang ada.

Sumber:

UPDATE TERBARU