Monday 29th of April 2024

Sebab Erupsi Gunung Merapi Hari Ini, Badan Penanggulangan Bencana Derah Ungkap Kronologinya

×

Sebab Erupsi Gunung Merapi Hari Ini, Badan Penanggulangan Bencana Derah Ungkap Kronologinya

--

Sebab Gunung Merapi 11 Maret 2023

Sebelumnya, BPPTKG mulai menaikkan status Gunung Merapi dari Waspada (level II) ke Siaga (level III) pada November 2020 silam. Status ini masih dipertahankan hingga kini karena potensi aktivitas keluar magma masih tinggi.

Tidak disangka, di tanggal 11 Maret 2023 tepatnya hari Sabtu pada jam 12.12 WIB terdapat laporan jika Gunung Merapi pada hari itu mengalami erupsi.  Rangkaian erupsi Gunung Merapi yang terjadi sejak Sabtu, 11 Maret 2023 pada siang hingga sore diakibatkan terjadi akibat longsoran kubah lava sisi barat daya dan masih berlanjut hingga waktu dini hari di tanggal 12 Maret 2023.


Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Agus Budi menjelaskan erupsi kali ini tergolong efusif yang ditandai dengan aktivitas berupa pertumbuhan kubah lava, guguran, dan awan panas guguran.

Runtuhnya kubah lava sebelah barat daya inilah yang memicu awan panas guguran sepanjang siang hingga sore ini dengan jarak luncur terjauh 4 kilometer ke arah barat daya atau Sungai Bebeng dan Krasak.

Sementara, mengacu kepada laporan mingguan BPPTKG berdasarkan analisis foto udara tanggal 13 Januari 2023, volume kubah lava barat daya terhitung sebesar 1.598.700 meter kubik dan kubah tengah sebesar 2.267.400 meter kubik.

Baca juga: Cari RTP Slot Paling Akurat? Cek Bocoran Terbarunya di Sini!

Baca juga: Sinopsis Drama Lecturer Ku, Oppa! Han Byul dan Sweet Qismina Jalin Kisah Komedi Romance!

Baca juga: Nonton Drama Malaysia Projek High Council Episode 9, Ketegangan Masih Menyelimuti!

Nah, itu dia informasi sekilas yang bisa kami sampaikan tentang update status erupsi Gunung Merapi  terkini. Semoga bermanfaat dan selalu tetap waspada, ya!

 

Sumber:

UPDATE TERBARU