Friday 19th of April 2024

3 Daftar Motor Listrik Penerima Subsidi 7 Juta, Harga Makin Terjangkau Dijamin Semakin Smoot

×

3 Daftar Motor Listrik Penerima Subsidi 7 Juta, Harga Makin Terjangkau Dijamin Semakin Smoot

--

ASCOMAXX.com - Pemerintah Indonesia memberikan subsidi sebesar Rp7 juta per unit untuk pembelian motor listrik dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) minimal 40% mulai 20 Maret 2023.

Namun, tidak semua merek motor listrik bisa mendapatkan subsidi ini.


Aturan ini akan dimulai pada 20 Maret 2023 sampai akhir tahun nanti, dengan target 35.900 unit mobil listrik, 200.000 unit sepeda motor listrik, 138 unit bus listrik, dan 50.000 unit kendaraan listrik konversi. "Motor listrik ini mendapatkan bantuan pemerintah adalah diproduksi di Indonesia, TKDN 40 persen atau lebih,” ujar Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu, dalam tayangan langsung Youtube Kemenko Marves, Senin (6/3/2023).

Baca juga: Baca Manhwa Solo Leveling Special Chapter 10 Bahasa Indonesia, Betemu Kembali dengan Ketua Go Geonn

Baca juga: Sinopsis Drama China Hello Beautiful Life (2023), Perjuangan Kakak Beradik yang Penuh Haru

Baca juga: Link Baca Manhwa I Tamed My Ex-Husband's Mad Dog Chapter 19 Bahasa Indonesia, Alanquez Menawarkan ke Wilhelm

Dari beberapa merek motor listrik yang dipasarkan di Indonesia, ternyata hanya Selis, Volta dan Gesits yang lolos sebagai penerima insentif.

Untuk diketahui, ketiga merek tersebut telah diproduksi di Indonesia dan memiliki TKDN yang cukup tinggi di antara produk lainnya. Ketiganya sudah memenuhi TKDN minimal 40% .

Konsumen yang ingin mendapatkan subsidi bisa langsung mendatangi dealer motor listrik terdekat dan dealer akan memeriksa Nomor Induk Kependudukan (NIK) konsumen. Namun, pembelian kendaraan listrik kedua tidak mendapatkan subsidi. Hanya satu unit per NIK yang mendapatkan subsidi.

Harga merk motor listrik Gesits setelah subsidi:

Ketiga, ada Motor listrik Gesits G1 milik PT Wika Industri Manufaktur yang telah mengantongi sertifikat TKDN bernomor 810/SJ-IND.8/TKDN/4/2021 per 14 April 2021. Gesits yang merupakan anak usaha PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. atau WIKA dengan PT Gesits Technologies Indo, saat ini telah dirakit di Bogor, Jawa Barat, dan memiliki TKDN sebesar 46,73 persen.

  • Gesits G1 Rp21,7 juta
  • Gesits Raya Rp20,99 juta

Selis, merek motor listrik asal Indonesia lainnya, menawarkan berbagai pilihan motor listrik seperti Go Plus Single, Go Plus Dual, Neo Scootic, E-Max, E-Max Single, E-Max Dual, dan Agats. Harga yang ditawarkan masih off the road.

Sumber:

UPDATE TERBARU