Sunday 28th of April 2024

Cek Fakta Video 'CCTV Bjorka' yang Diduga Mengandung Virtex, Begini Penjelasan dari Ahli

×

Cek Fakta Video 'CCTV Bjorka' yang Diduga Mengandung Virtex, Begini Penjelasan dari Ahli

--

ASCOMAXX.com - Baru-baru ini media sosial dihebohkan dengan video virtex viral CCTV Bjorka yang dikirim melalui WhatsApp. Diduga seseorang yang telah menerima video tersebut mengungkapkan jika membuat hp menjadi error. Bagaimana hal ini bisa terjadi? simak ulasan berikut ini

Sebuah video baru menjadi perbincangan hangat di media sosial. Hal itu tak lepas dari kondisi HP mati sampai dugaan video virtex WA ganas di video viral CCTV Bjorka tersebut. Meskipun belum pasti akan virtex, namun sudah banyak yang mengunduh di media sosial twitter dan TikTok.


Video berdurasi 9 detik itu terlihat gambaran suasana sebuah cafe yang tidak diketahui persis lokasinya. Para pengunjung cafe dalam video tersebut sedang tertawa menikmati penampilan standup comedy atau band musik yang disediakan.

Akan tetapi, ada suatu kejadian dimana banyak yang mengalami HP error atau mati setelah menampilkan seseorang masuk ke cafe itu dan berjalan ke belakang. Benarkah video CCTV Bjorka tersebut mengandung Virtex?

Baca juga: 5 Cara Menghindari Joki Pinjol, Jangan Sampai Terjebak Iming-Imingnya

Baca juga: Jalan Tol Kapal Betung Seksi Kramasan-Betung Siap Rampung Agustus 2023, Jarak Tempuh Hanya 1,5 Jam

Baca juga: Cara Cek NIK Tercantum di Parpol Pemilu, Awas! Ternyata Bisa Disalahgunakan!

Penjelasan Ahli

Menurut Alfons Tanujaya, yang juga pengamat keamanan siber dari Vaksin.com. Meyakini jika video tersebut merupakan virtex. Akan tetapi, menurutnya video tersebut bukan karena virtex (virus text) tapi lebih kepada virtex (virtual text).

"Virtex itu adalah Virtual Text, sejenis coding yang dirancang sedemikian rupa untuk membuat aplikasi Whatsapp hang karena tidak mampu menangani coding yang dikirimkan melalui WhatsApp," Ungkapnya.

Sumber:

UPDATE TERBARU