Tuesday 28th of May 2024

Ad Astra Per Aspera Apa Arti dan Maknanya, Motto Bahasa Latin Menuju Bintang Melalui Jerih Payah

×

Ad Astra Per Aspera Apa Arti dan Maknanya, Motto Bahasa Latin Menuju Bintang Melalui Jerih Payah

--

ASCOMAXX.com - Frasa Latin Ad Astra Per Aspera, yang berarti "Menuju Bintang Melalui Jerih Payah", telah lama menjadi moto yang menggemakan semangat pantang menyerah dan tekad baja dalam mengejar mimpi. Frasa ini bukan sekadar kata-kata indah, tetapi merupakan filosofi hidup yang telah menginspirasi banyak orang di seluruh dunia untuk mencapai tujuan mereka, tak peduli rintangan dan kesulitan yang menghadang.

Sejarah Ad Astra Per Aspera dapat ditelusuri kembali ke zaman Romawi kuno, di mana frasa ini sering digunakan oleh para prajurit dan gladiator sebagai pengingat akan keberanian dan ketabahan mereka dalam menghadapi pertempuran. Seiring waktu, frasa ini pun diadopsi oleh berbagai organisasi dan individu di berbagai bidang, mulai dari sains dan teknologi hingga seni dan budaya.

Baca juga: Download Kumpulan Soal Tajwid Pilihan Ganda dan Essay Untuk SD/MI Tahun 2023, Format Doc Word/PDF

Baca juga: Latihan Soal Tajwid Essay Untuk SD/MI Lengkap Jawaban & Pembahasan, Mengasah Kemampuan Siswa Memahami Ilmu Tajwid

Salah satu contoh penggunaan Ad Astra Per Aspera yang paling terkenal adalah pada motto negara bagian Kansas, Amerika Serikat. Motto ini dipilih untuk mencerminkan semangat para pionir yang pertama kali menetap di wilayah tersebut, yang harus berjuang keras melawan kondisi alam yang keras dan penuh tantangan.

Di Indonesia, Ad Astra Per Aspera juga memiliki makna yang mendalam. Frasa ini sering digunakan sebagai moto untuk berbagai organisasi dan kegiatan, seperti program kepemimpinan, pelatihan, dan ekspedisi. Hal ini menunjukkan bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam Ad Astra Per Aspera sangat relevan dengan budaya dan semangat masyarakat Indonesia.

Baca juga: Kumpulan Soal Latihan Tajwid Pilihan Ganda Disertai Jawabannya, Bisa Langsung Download dan Print!

Sumber:

UPDATE TERBARU