Friday 19th of April 2024

Mengapa Gelas Pecah Ketika Dituangi Air Panas? Berikut Alasan dan Cara Mengatasinya

×

Mengapa Gelas Pecah Ketika Dituangi Air Panas? Berikut Alasan dan Cara Mengatasinya

--

ASCOMAXX.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai alasan gelas pecah ketika dituangi air panas yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Pernahkah kamu melihat gelas pecah ketika dituangkan dengan air panas? Tentunya itu sangat tidak nyaman, bukan? ternyata itu meruapakan salah satu fenomena fisika dalam kehidupan sehari-hari, lho!


Baca juga: Arti Peribahasa Jawa Emban Cindhe Emban Ciladan Adalah? Jadi Sesuatu yang Harus Dihindari

Baca juga: Spoiler Beauty in a Click Chapter 68 Ternyata Selama Ini Seonhwa Seo adalah Guru TK Dami

Baca juga: Saluran Irigasi Adalah: Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Sebelumnya, kamu harus mengetahui tentang pemuaian. Istilah tersebut merupakan perubahan suatu benda yang bisa menjadi bertambah panjang, lebar, luas, atau berubah volumenya karena terkena panas (kalor). Singkatnya, pemuaian panas merupakan perubahan benda yang terjadi karena panas.

Pemuaian tiap-tiap benda sendiri akan berbeda, tergantung pada suhu di sekitar dan koefisien muai atau daya muai dari benda tersebut.

Alasan Gelas Pecah Ketika Dituang Air Panas

Dilansir dari berbagai sumber, gelas kaca yang pecah karena dituangi air panas disebabkan oleh adanya peristiwa pemuaian yang tidak merata pada gelas.

Pada saat dituangi air panas, permukaan bagian dalam gelas yang terkena air panas secara tiba-tiba akan cepat memuai, sedangkan bagian permukaan luarnya belum memuai.

Sumber:

UPDATE TERBARU