Monday 22nd of April 2024

Arti Peribahasa Jawa Jagakake Endhoge Si Blorok, Ternyata Mengandung Makna yang Bijak

×

Arti Peribahasa Jawa Jagakake Endhoge Si Blorok, Ternyata Mengandung Makna yang Bijak

--

ASCOMAXX.com - Peribahasa Jawa termasuk tradisi jawa yang mengandung nasihat yang sarat akan makna. Terlebih jika dikaitkan dengan kesejahteraan. Termasuk peribahasa Jagakake Endhoge Si Blorok. Apa sih artinya? berikut penjelasannya.

Mempelajari budaya sesepuh sudah menjadi kewajiban bagi kita, supaya tidak tergerus oleh zaman dan melestarikannya. Tradisi lahir dari interaksi antar manusia yang kemudian menyepakati mengenai moralitas, tata krama, dan tingkah laku manusia pada lingkungan tersebut. Maka, sudah selayaknya kita mawas diri dan memegang teguh paribasan yang sudah dicetuskan sesepuh kita.


Baca juga: Kumpulan Soal Statistika Kelas 12 SMA dan Pembahasannya Terbaru 2023, Sering Keluar Saat Ujian

Baca juga: Pengertian Dari Pembina dan Penasehat yang Tampak Serupa Tapi Tak Sama Menurut KBBI

Baca juga: Bagan Struktur Organisasi Kelas SMA/SMK Lengkap Tugas Masing-masing Anggota, Ketua Kelas Hingga Bendahara

Pengertian Peribahasa Jawa

Menurut S. Prawiroatmojo, peribahasa Jawa sendiri didefinisikan sebagai perumpamaan, ungkapan, atau semacam pepatah, akan tetapi tidak menggunakan arti sesungguhnya. Perumpamaan, ungkapan, dan pepatah dalam istilah bahasa Jawa dinamakan paribasan, bebasan, maupun Ian saloka.

Peribahasa Jawa sendiri merupakan kelompok kata atau kalimat yang memiliki susunan tetap dan mengiaskan maksud tertentu, atau satu di antara dari sekian banyak karya sastra yang berkembang di tengah masyarakat Jawa, yang mengandung kata-kata bijak dan nilai positif di dalamnya.

Sumber:

UPDATE TERBARU