Sunday 19th of May 2024

Daftar 6 Provinsi Baru Kalimantan di Sini Ibukotanya yang Bakal Jadi Daerah Wisata Baru Andalan Buat Liburan

×

Daftar 6 Provinsi Baru Kalimantan di Sini Ibukotanya yang Bakal Jadi Daerah Wisata Baru Andalan Buat Liburan

--

Apabila melihat dari sejarah Awal kemerdekaan Pulau Kalimantan hanya 1 provinsi yakni Provinsi Borneo. Tapi akhir-akhir ini ada usulan untuk pembentukan provinsi baru di pulau borneo ini. Akan ada 6 wilayah yang akan membentuk Provinsi baru diwilayah ini.

Daftar 6 Provinsi Baru Kalimantan

  1. Provinsi Sambas Raya

Pemekaran dari Kalimantan Barat ini terdiri dari 4 Kabupaten dan 1 Kota. Meliputi Kabupaten Bengkayang, Kota Singkawang, Kabupaten Sambas. Kota Sambas dan Kabupaten Sambas Utara, dimana dua daerah ini merupakan calon daerah otonomi baru. Rencananya ibukota berada di kota Sambas.

  1. Provinsi Kapuas Raya

Pemekaran dari Kalimantan Barat. Kapuas Raya terdiri dari 5 Kabupaten pertama Kabupaten Sanggau, kedua Kabupaten Sekadau. Selanjutnya Kabupaten Melawi, Kabupaten Sintang dan Kabupaten Kapuas Hulu. Rencana ibukota Provinsi Kapuas Raya berada di Sintang.

  1. Provinsi Tanjung Pura

Provinsi Tanjung Pura juga masih pemekaran dari Kalimantan Barat. Untuk administrasinya Terdiri dari 5 Kabupaten, meliputi Kabupaten Kayong Utara. Serta 4 calon Kabupaten baru Hulu Aik Kabupaten tumbang titik, Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Jelai kendawangan Raya. Rencananya ibukota berada di kota Ketapang, yang merupakan calon daerah otonomi baru.

Baca juga: Simpan Pesona Alam Surgawi! Provinsi Papua Selatan Rencanakan Pemekaran Wilayah Guna Buka Potensi Wisata Bali Baru

Baca juga: Daftar Daerah yang Masuk ke Pemekaran Wilayah Provinsi Papua Selatan, Kabupaten Asmat Tak Ketinggalan Dieksekusi

Baca juga: Gempur Rencana Pemekaran Wilayah Papua Selatan, Diharapkan Mampu Membuka Peluang Industri Lokal

  1. Provinsi Kotawaringin

Wilayah administrasinya terdiri dari 5 Kabupaten meliputi Kabupaten Sukamara, Kabupaten Lamandau. Ada lagi Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Seruyan dan kabupaten Kotawaringin Timur. Ibukota Provinsi Kotawaringin ini akan ditempatkan di Seruyan.

  1. Provinsi Barito Raya

Rencana ibukotanya berada di Muara Teweh Barito Utara. Provinsi Barito Raya administrasinya terdiri dari 5 Kabupaten meliputi Kabupaten Murung Raya, kabupaten Barito Utara. Tak hanya itu, ada Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Barito timur dan kabupaten Barito Kuala.

  1. Provinsi Kalimantan Tenggara

Provinsi Kalimantan Tenggara wilayah pemekaran dari sebagian wilayah Provinsi Kalimantan Selatan dan sebagian wilayah Provinsi Kalimantan timur. Wilayah administrasi Provinsi Kalimantan Tenggara terdiri dari 5 Kabupaten meliputi Kabupaten Kutai Barat, dan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Nah, sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini yang membahas tentang 6 provinsi baru kalimantan di sini ibukotanya . Semoga bisa membantu menjawab pertanyaan kamu.

Sumber:

UPDATE TERBARU