Saturday 13th of April 2024

Sejarah Keris Nogososro Pusaka Kerajaan Majapahit Buatan Mpu Supa yang Konon Bisa Meredam Seribu Bencana

×

Sejarah Keris Nogososro Pusaka Kerajaan Majapahit Buatan Mpu Supa yang Konon Bisa Meredam Seribu Bencana

--

ASCOMAXX.com – Langsung saja pada kesempatan kali ini kami akan membahas informasi mengenai Sejarah Keris Nogososro Pusaka Kerajaan Majapahit Buatan Mpu Supa untuk kamu! Mari ikuti pembahasannya di sini!

Keris Nogososro adalah pusaka legendaris zaman Majapahit berliuk 13 dan bertahtakan emas dan berlian. Konon, keris ini paling sakti yang ada di dataran Jawa yang dibuat pada masa pemerintahan Prabu Brawijaya V (1466–1478).

Keris ini amat dicari oleh sejumlah tokoh masyarakat, mulai dari pendekar, pemimpin, hingga penguasa. Pembuatnya adalah Pangeran Mpu Sedayu yang lebih dikenal dengan nama Mpu Supa Mendagri atau Mpu Pitrang. 


Baca juga: Sejarah PSHT Cabang Bojonegoro, Berkembang Pesat Untuk Cetak Atlet Pencak Silat

Baca juga: Mitos Sumur Jalatunda yang Simpan Sejarah Panjang, Konon Jadi Pintu Ghaib Menuju Penguasa Laut Selatan

Baca juga: Sinopsis Manhua Crazy Leveling System, Isekai ke Dunia Game Tiba-Tiba Jadi yang Terkuat Sepanjang Sejarah

Pada mulanya pembuatan keris pusaka ini terjadi saat Kerajaan Majapahit sedang dilanda kemunduran setelah perang saudara. Musim paceklik cukup panjang sehingga sawah dan ladang kering, hasil panen tidak mencukupi kebutuhan rakyat banyak. Perekonomian masyarakat telah dikuasai para saudagar besar yang memonopoli perdagangan.

Di sisi lain para pejabat kerajaan tak mempedulikan keadaan rakyat, sibuk saling sikut untuk mencari kekuasaan dan memperkaya diri sendiri. Kerajaan-kerajaan bawahan sudah mulai berani membangkang, terutama Kerajaan Blambangan yang menurut informasi para telik sandi, sudah menyiapkan bala tentara untuk menggempur ibukota Majapahit.

Sumber:

UPDATE TERBARU