Tuesday 14th of May 2024

Lokasi dan Rute Sumur Jalatunda Spot Wisata Unik yang Dipercaya Bisa Kabulkan Keinginan

×

Lokasi dan Rute Sumur Jalatunda Spot Wisata Unik yang Dipercaya Bisa Kabulkan Keinginan

--

Mitos Sumur Jalatunda

“Jala” berarti jaring, sementara “tunda” berarti yang belum terlaksana. Jika diartikan, Sumur Jalatunda berarti sumur yang dapat menampung semua permintaan yang selama ini tertunda.

Ada beberapa cerita mengenai sumur ini. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, sumur ini merupakan pintu menuju Sapta Pratala (bumi lapis ketujuh). Sementara, terkait dengan Epos Mahabarata, sumur ini merupakan tapak tumit Bima ketika bertarung melawan naga raksasa.


Sebagai catatan, jalan menuju tempat wisata ini kurang bagus. Sebaiknya tidak menggunakan kendaraan jenis sedan jika ingin berkunjung ke tempat ini.

Lokasi: https://goo.gl/maps/htiDdEcnUhdDX4t16

Baca juga: HTM dan Jam Buka Wisata Rumah Hantu di Kota Semarang, Langganan Pemburu Penampakan Mistis

Baca juga: Kronologi Pecahnya Jembatan Kaca The Geong di Banyumas yang Tewaskan 1 Wisatawan, Ini Penuturan Saksi!

Baca juga: Fasilitas dan Jam Buka-Tutup Lokasi Wisata Jiro Grapes Garden Palembang, Bebas Petik Anggur dan Melon Langsung Dari Kebunnya

Lokasi dan Rute Sumur Jalatunda

Sumur Jalatunda adalah sebuah objek wisata yang berada di kawasan dataran tinggi Dieng. Lokasi Sumur Jalatunda berada di Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Bentuk Sumur Jalatunda bukan seperti sumur pada umumnya, melainkan sebuah lubang besar dengan air yang menggenang di dasarnya.

Ada yang menyebut bahwa Sumur Jalatunda adalah sumur terbesar di Indonesia. Sumur ini bukanlah sumur yang sengaja digali untuk tempat mengambil air, melainkan sebuah kenampakan alam yang terjadi secara alami.

Terbentuknya Sumur Jalatunda berasal kepundan Gunung Prahu Tua yang meletus bersamaan dengan terbentuknya Dataran Tinggi Dieng. Diperkirakan pasca letusan, kepundan atau kawah gunung tersebut kemudian terisi air hujan dan berubah menjadi sumur yang sangat besar dan dalam.

Air di dalam sumur ini berwarna kehijauan yang menandakan adanya kadar tembaga yang tinggi di dalamnya. Hal ini membuat air di Sumur Jalatunda tidak bisa dikonsumsi lantaran dapat menyebabkan keracunan.

Sementara di dinding sumur ditumbuhi gulma liar yang lebat namun tanpa pagar pembatas, sehingga pengunjung harus berhati-hati agar tidak terperosok.

Nah, demikianlah informasi mengenai Lokasi dan Rute Sumur Jalatunda yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan selamat berwisata!

Sumber:

UPDATE TERBARU