Friday 17th of May 2024

Rencana Pemekaran Kabupaten Renah Indojati di Pesisir Selatan yang Wilayahnya Ternyata Lebih Luas Dari Pulau Bali

×

Rencana Pemekaran Kabupaten Renah Indojati di Pesisir Selatan yang Wilayahnya Ternyata Lebih Luas Dari Pulau Bali

--

ASCOMAXX.com – Baru-baru ini muncul wacana pembentukan sebuah kabupaten baru di Provinsi Sumatera Barat, tepatnya di Kabupaten Pesisir Selatan. Kabupaten baru ini akan diberi nama Kabupaten Renah Indojati yang merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Pesisir Selatan yang memiliki luas wilayah mencapai 5.749 kilometer persegi. 

Keputusan ini didasari atas luas wilayahnya yang empat kali lebih besar dari Kabupaten Padang Pariaman dan sedikit lebih luas dari Provinsi Bali yang memiliki 8 kabupaten dan 1 kota dengan luas 5.6 ribu kilometer persegi.


Kabupaten Pesisir Selatan, yang terdiri dari 15 kecamatan dan 182 nagari atau desa, memiliki jumlah penduduk sekitar 516 ribu jiwa menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2022. 

Baca juga: Lowongan Driver Tambang Terbaru 2023 di Berbagai Wilayah Indonesia, Miliki Keuntungan dan Fasilitas Terbaik

Baca juga: Pemekaran Wilayah Kotawaringin Raya Sudah Diajukan ke DPR RI Gubernur Kalteng Minta Dukungan Ma’ruf Amin

Baca juga: Daftar Wilayah Pemekaran Kotawaringin Raya Jadi Provinsi Baru, Dapat Lampu Hijau Dari Wapres

Kini terdapat enam kecamatan yang siap bergabung di Kabupaten Renah Indojati, dengan total jumlah penduduk mencapai 116 ribu jiwa lebih. 

Walau masih dalam tahap perencanaan, Kabupaten Renah Indojati telah memiliki satu rumah sakit tipe D di daerah Tapan dan 5 lembaga keuangan di Kecamatan Silaut dan Kecamatan Tapan. 

Tapi, perlu dicatat bahwa hingga saat ini belum ada perguruan tinggi di wilayah tersebut, meskipun rencananya ke depan bisa didirikan perguruan tinggi swasta.

Sumber:

UPDATE TERBARU