Sunday 19th of May 2024

Gunung Slamet Status Waspada! BPBD Tingkatkan Upaya Antisipasi Terjadinya Erupsi

×

Gunung Slamet Status Waspada! BPBD Tingkatkan Upaya Antisipasi Terjadinya Erupsi

--

ASCOMAXX.com - BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah sudah mulai membuat upaya antisipasi terjadinya erupsi dengan menginventaris jalur evakuasi.

“Kami minta untuk jalur evakuasi di wilayah kecamatan terdekat dengan bencana agar diinventarisasi datanya, selanjutnya disosialisasikan kepada masyarakat,” kata Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Purbalingga, Priyo Satmoko.


Tercatat, sudah 2.096 kali gempa di wilayah Gunung Slamet sejak 1-18 Oktober 2023. Selain gempa embusan, PVMBG juga merekam tiga kali gempa tremor harmonik, dua kali gempa vulkanik dalam, 12 kali gempa tektonik lokal, tujuh kali gempa tektonik jauh, dan gempa tremor menerus dengan amplitudo 0,2 sampai 6 milimeter (dominan 2 milimeter).

Baca juga: Viral Meme Lucu Pilpres 2024 yang Singgung Prabowo - Ganjar Soal Dinasti Politik, Telah Dilihat 1,2 juta kali di Situs X

Baca juga: Daftar Kota dan Kabupaten Baru di NTT, Masuk Usulan Rencana Pemekaran Wilayah Indonesia

Baca juga: Pemekaran Wilayah Papua Ada Propinsi Baru? Ada 6 Wilayah, Cek Dulu Faktanya!

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pemalang, Misbah, telah melakukan koordinasi dengan wilayah untuk meningkatkan kewaspadaan.

"Saat ini masih dalam monitor, dengan meningkatkan kewaspadaan, termasuk komunikasi dengan camat wilayah punggung (gunung)," jelas Misbah.

Sumber:

UPDATE TERBARU