Tuesday 21st of May 2024

Inilah Daerah yang Alami Pemekaran Kabupaten Mandailing Natal Menjadi Kabupaten Pantai Barat Mandailing

×

Inilah Daerah yang Alami Pemekaran Kabupaten Mandailing Natal Menjadi Kabupaten Pantai Barat Mandailing

--

ASCOMAXX.com - Pemekaran wilayah Kabupaten Mandailing Natal kini siap dilaksanakan. Beberapa wilayah yang akan mengalami pemekaran akan kami rangkum dalam ulasan dibawah. Langsung saja simak lengkapnya pada ulasan berikut ini.

Rencana pemekaran Kabupaten Mandailing Natal menuju pembentukan Kabupaten Pantai Barat Mandailing merupakan langkah yang sedang dibahas secara intensif.


Kabupaten Mandailing Natal, yang dikenal juga dengan sebutan Kabupaten Madina, berlokasi di Provinsi Sumatera Utara, menjadi salah satu daerah yang dimasukkan dalam rencana pemekaran wilayah di Indonesia. Pemekaran ini bertujuan untuk mencapai pemerataan pembangunan dan memperpendek jangkauan pelayanan birokrasi.

Baca juga: Tanggapi Usulan Pemekaran Wilayah Kalteng, Wapres: Kami Akan Tinjau Wilayah Dahulu

Baca juga: Profil dan Biodata Evan Soumilena, Pemain Futsal Profesional yang Kini Keluar Dari Club ADCR Caxinas Mulai Dari Usia Hingga Agama

Baca juga: Evan Soumilena Kini Telah Resmi Hengkang Dari ADCR Caxinas Meski Baru Sebulan Bergabung, Begini Pengakuannya!

Meskipun moratorium pembentukan daerah otonomi baru masih berlaku, upaya untuk mewujudkannya terus berlanjut. Diketahui bahwa Kabupaten Mandailing Natal memiliki luas wilayah 6.134 kilometer persegi dan terdiri dari 23 kecamatan, 27 kelurahan, serta 377 desa.

Populasinya mencapai 480.911 jiwa menurut data Badan Pusat Statistik tahun 2017. Rencana pemekaran ini melibatkan enam kecamatan yang terdiri dari 116 desa, yang nantinya akan menjadi bagian dari Kabupaten Pantai Barat Mandailing yang baru.

Enam kecamatan yang akan bergabung adalah sebagai berikut:

1. Kecamatan Natal dengan luas wilayah 935 km² dan lebih dari 33.000 penduduk.
2. Kecamatan Ranto Baek dengan luas wilayah 152 km² dan lebih dari 14.000 penduduk.
3. Kecamatan Lingga Bayu dengan luas wilayah 192 km² dan lebih dari 27.000 penduduk.
4. Kecamatan Sinunukan dengan luas wilayah 172 km² dan lebih dari 21.000 penduduk.
5. Kecamatan Batahan dengan luas wilayah 497 km² dan lebih dari 22.000 penduduk.
6. Kecamatan Muara Batang Gadis dengan luas wilayah 1.435 km² dan lebih dari 22.000 penduduk.

Penggabungan keenam kecamatan ini akan membentuk Kabupaten Pantai Barat Mandailing, yang akan memiliki luas wilayah sekitar 3.385 km², atau sekitar 51% dari luas wilayah Kabupaten Mandailing Natal. Kabupaten Pantai Barat Mandailing akan memiliki populasi sekitar 141.000 jiwa, yang akan mewakili sekitar 30% dari jumlah penduduk Kabupaten Mandailing Natal.

Sumber:

UPDATE TERBARU