Monday 20th of May 2024

Jadwal Pendaftaran komisioner KPU Jatim periode 2024-2029 Lengkap Dengan Tata Cara dan Syaratnya

×

Jadwal Pendaftaran komisioner KPU Jatim periode 2024-2029 Lengkap Dengan Tata Cara dan Syaratnya

--

Pendaftaran komisioner KPU Jatim periode 2024-2029

Dalam kesempatan ini anggota Timsel KPU Provinsi Jawa Timur, Sasongko memastikan tahapan pelaksanaan pendaftaran calon anggota KPU setempat tidak akan ada kecurangan. Ini penting agar nantinya proses pendaftaran ini tidak ada celah diskriminatif, manipulatif dan pemalsuan dokumen.

"Teknis administratif itu sudah ada aturannya. Dari beberapa tahapan selanjutnya tahap Computer Assisted Test (CAT), tes kesehatan itu pihak ketiga yang langsung dikomunikasikan hasilnya di KPU RI," ujar Sasongko, Selasa (24/10)/


Ia turut menambahkan, Timsel hanya menerima hasilnya. Setelah itu, memasuki tahapan wawancara barulah Timsel akan menggali lebih dalam lagi.

"Nah, kalau ada laporan masyarakat kita konfirmasi yang bersangkutan. Pada saat itulah kita menentukan. Jadi pada tahapan ini calon anggota itu sudah bintang-bintang dan pengalaman semua," terangnya.

Sasongko menambahkan bahwa KPU RI menginginkan komisioner yang kapabel dalam menjalankan tugasnya nanti begitu mereka terjun langsung ke lapangan. 

"Jadi, begitu dilantik nanti langsung menjalankan tugasnya. KPU RI menginginkan terus adanya kontinuitas," jelasnya.

Di sisi lain Sekretaris Timsel, Dr. Achmad Muhibin Zuhri menegaskan bahwa proses dan tahapan seleksi ini akan berjalan baik.

"Kami sudah berkomitmen sesuai aturan dan kami dibekali dengan regulasi yang harus dilakukan secara bersih. Namun demikian kami berharap masyarakat juga melakukan monitoring," jelasnya.

Tak hanya itu, Muhibin menambahkan pendaftar wajib memiliki akun elektronik dan teknologi informasi dalam seleksi untuk mewujudkan tertib administrasi.

"Dokumentasi data penyelenggara Pemilu dan pemilihan yang dimiliki KPU yaitu sistem informasi anggota KPU dan badan adhoc (SIAKBA)," terangnya.

Ia juga menambahkan semua dokumen yang menjadi persyaratan harus diupload oleh masing-masing pendaftar.

"Seluruh berkas yang menjadi persyaratan harus diupload. Aslinya nanti diserahkan ke sekretariat beserta copyannya," terangnya.

Baca juga: Beasiswa KIP Dicabut, Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang Tak Tinggal di Asrama Karena Alami Pelecehan Seksual

Baca juga: Profil Vissi El Alexandra, Dokter Gigi Cantik di Bandung yang Viral Usai Dapatkan Penganiayaan dari Samuel Sunarya

Baca juga: Sosok Samuel Sunarya, Pelaku Penganiayaan Dokter Vissi El Alexandra yang Viral di Twitter dan Instagram

Jadwal Pendaftaran komisioner KPU Jatim periode 2024-2029 

Pendaftaran komisioner KPU Jatim periode 2024-2029 ini dibuka menjelang berakhirnya masa jabatan komisioner KPU Jatim periode 2019-2024 pada tanggal 20 Februari 2024 mendatang.

Sekadar informasi, kelengkapan dokumen persyaratan bakal calon anggota KPU Provinsi dapat dicermati pada laman KPU Provinsi Jatim di https://jatim.kpu.go.id/.

Sekian informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Smeoga informasi ini bisa membantu kamu yang penasaran. Terimakasih sudah membaca artikel kali ini. 

Sumber:

UPDATE TERBARU