Thursday 16th of May 2024

Pianika Not Angka Garuda Pancasila Dasar Negara, Lengkap dengan Liriknya!

×

Pianika Not Angka Garuda Pancasila Dasar Negara, Lengkap dengan Liriknya!

--

ASCOMAXX.com - Indonesia, negara kepulauan yang kaya akan budaya dan keberagaman, memiliki lambang kebangsaan yang tak hanya terlihat pada benderanya, tetapi juga terdengar dalam lirik dan melodi lagu kebangsaannya, Garuda Pancasila.

Lagu Garuda ini menggambarkan semangat persatuan dan kesatuan Indonesia serta nilai-nilai Pancasila, dasar negara Indonesia. Artikel ini akan membahas lebih dalam tentang lagu kebangsaan Garuda Pancasila.


Garuda adalah burung mitos yang merupakan simbol kekuatan, kebebasan, dan keadilan. Ia digambarkan dalam lambang negara Indonesia yang memiliki lima bulu ekor, melambangkan Pancasila, yaitu dasar negara Indonesia. Pancasila sendiri adalah ideologi dasar yang terdiri dari lima prinsip: kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Baca juga: Lirik Lagu Atouna El Toufoule - Remi Bandali dan Terjemahannya, Untuk Kebebasan Anak-Anak Korban Perang di Palestina

Baca juga: Lirik Lagu Menepi - Guyon Waton Lengkap Dengan Chordnya, Cocok Buat Galau Bareng Sobat Ambyar

Baca juga: Lirik dan Terjemahan Lagu Greedy - Tate McRae, Langsung Trending di TikTok!

Pencipta lagu Garuda Pancasila adalah Sudharnoto. Lagu ini mulanya berjudul Mars Pancasila, kemudian diubah menjadi Garuda Pancasila pada 1950-an. Kala itu, Sudharnoto adalah kepala seksi musik di Radio Republik Indonesia (RRI), Jakarta.

Sumber:

UPDATE TERBARU