Sunday 19th of May 2024

Cara Mengolah Sampah Rumah Tangga yang Paling Efektif dan Sederhana, Yuk Ikut Menjaga Lingkungan

×

Cara Mengolah Sampah Rumah Tangga yang Paling Efektif dan Sederhana, Yuk Ikut Menjaga Lingkungan

--

ASCOMAXX.com - Untuk mengurangi sampah di rumah, ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu mendaur ulang sampah organik-anorganik dan menggunakan barang-barang ramah lingkungan. Ketrampilan untuk mendaur ulang sampah di rumah adalah suatu keterampilan yang sangat penting.

Kebutuhan manusia yang semakin meningkat telah mendorong permintaan terhadap berbagai produk instan untuk menyesuaikan dengan rutinitas yang padat. Namun, perlu diingat bahwa produk instan seringkali berdampak negatif pada lingkungan karena mereka menghasilkan banyak limbah rumah tangga. Selain dari segi pencemaran lingkungan, produk instan juga dapat menghasilkan bau yang tidak sedap. Oleh karena itu, penting untuk mengelola produk-produk ini dengan baik agar tidak menciptakan lingkungan yang tidak sehat.


Baca juga: Permasalahan Sampah di Kota Bandung Masih Krisis, Banyak TPS Kelebihan Muatan

Baca juga: Harga Susu Morinaga Dengan Bebelac di Indomaret dan Alfamart Untuk Berbagai Ukuran dan Segala Usia Terbaru 2023

Baca juga: Alamat Supernova Barracx Ronin Dilengkapi dengan Jam Operasional dan Tarif Layanan Per Jamnya

Dengan keahlian dalam pengelolaan sampah di tingkat rumah tangga, Anda dapat mengurangi dan mengelola sampah dengan efisien, bahkan dapat mengubahnya menjadi barang-barang yang dapat digunakan kembali. Cara lain untuk mengurangi sampah di rumah adalah dengan memilih alternatif penggunaan produk-produk yang ramah lingkungan. Barang-barang ini seringkali dapat digunakan berulang kali atau bukan barang sekali pakai, yang pada akhirnya dapat mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan.

Cara Mengolah Sampah Rumah Tangga yang Efektif

Berikut cara mengelola sampah di rumah secara mandiri:

  • Hindari pemakaian kantong plastik dan botol sekali pakai

Kantong plastik dan botol air sekali pakai memiliki dampak negatif pada hewan, lingkungan, dan kesehatan Anda. Kendati kantong dan botol plastik dapat didaur ulang, sebagian besar dari mereka tidak mengalami proses daur ulang. Selain itu, produksi dan daur ulangnya memerlukan sumber daya yang besar.

Karena itu, menjauhi penggunaan kantong dan botol plastik adalah salah satu metode untuk mengurangi sampah di rumah Anda. Anda dapat menggantinya dengan kemasan yang lebih ramah lingkungan, seperti tas yang terbuat dari bahan ramah lingkungan. Anda tidak perlu memiliki banyak tas; satu tas dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Selain itu, Anda dapat menggunakan botol minuman yang dapat digunakan berulang kali, sehingga Anda tidak akan menghasilkan sampah dari botol plastik minuman di rumah.

Sumber:

UPDATE TERBARU