Saturday 1st of June 2024

Kumpulan Filosofi Orang Jawa Beserta Penjelasannya, Berikan Makna Mendalam Tentang Hidup!

×

Kumpulan Filosofi Orang Jawa Beserta Penjelasannya, Berikan Makna Mendalam Tentang Hidup!

--

2. Memayu Hayuning Bawana, Ambrasta dur Hangkara (Kesejahteraan Dunia, Lawan Amarah dan Kikir): Manusia harus berusaha menciptakan kebahagiaan, keselamatan, dan kesejahteraan di dunia, sambil mengatasi sifat-sifat buruk seperti amarah, ketamakan, dan serakah.

3. Sura Dira Jayaningrat, Lebur Dening Pangastuti (Ketegasan Dikalahkan oleh Kebijaksanaan): Sifat-sifat keras kepala, keangkuhan, dan amarah dapat dikalahkan oleh bijak, kesabaran, dan kelembutan hati.


4. Ngluruk Tanpa Bala, Menang Tanpa Ngasorake, Sekti Tanpa Aji-Aji, Sugih Tanpa Bandha (Berjuang Sendiri, Menang dengan Kebenaran, Berwibawa tanpa Kekuasaan, Kekayaan): Berjuang tanpa bergantung pada bantuan besar, menang dengan tetap menjaga integritas, berwibawa tanpa harus memanfaatkan kekuasaan atau harta, dan menjadi kaya tanpa ketergantungan pada materi.

5. Datan Serik Lamun Ketaman, Datan Susah Lamun Kelangan (Tidak Sedih oleh Musibah, Tidak Bersedih oleh Kehilangan): Jangan terlalu terpengaruh oleh kesedihan saat menghadapi kesulitan atau kehilangan.

Baca juga: Daftar Kalimat Kecap Panganteur atau Kata Pengantar Dalam Bahasa Sunda yang Baik dan Benar

Baca juga: Contoh Kata Kata PSHT Sindiran Untuk Story WA dan Medsos Lainnya, Dijamin Kuping Panas!

Baca juga: Daftar Kosakata Bahasa Arab Kendaraan dan Alat Transportasi Lengkap Dengan Artinya, Hapalkan Ya!

6. Aja Gumunan, Aja Getunan, Aja Kagetan, Aja Aleman (Jangan Heran, Jangan Menyesal, Jangan Terkejut, Jangan Manja): Jangan terlalu terkejut, menyesal, atau manja dalam menghadapi situasi.

7. Aja Ketungkul Marang Kalungguhan, Kadonyan lan Kemareman (Jangan Obsesi oleh Keduniaan): Jangan terlalu terobsesi dengan posisi, harta, atau kesenangan dunia.

8. Aja Kuminter Mundak Keblinger, Aja Cidra Mundak Cilaka (Jangan Terlalu Pandai dan Curang): Jangan merasa paling pandai, dan jangan berbuat curang agar tidak terjebak dalam kesalahan.

9. Aja Milik Barang Kang Melok, Aja Mangro Mundak Kendo (Jangan Terbuai dengan Hal-hal yang Terlihat Bagus): Jangan tergoda oleh hal-hal yang tampak indah atau menarik, dan jangan pernah kehilangan tekad.

Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan terkait dengan kumpulan filosofi dalam budaya Jawa yang hingga saat ini masih menjadi patokan atau pegangan dalam kehidupan sehari-hari. Sekian informasi dari kami, semoga bisa bermanfaat.  

Sumber:

UPDATE TERBARU