Sunday 19th of May 2024

Mengenal Sate Jebred, Jajanan Unik Berbahan Kulit Sapi yang Viral Karena Insiden Keracunan di Garut

×

Mengenal Sate Jebred, Jajanan Unik Berbahan Kulit Sapi yang Viral Karena Insiden Keracunan di Garut

--

Sate Jebred berasal dari Jepara, sebuah kota kecil yang terletak di pesisir utara Jawa Tengah. Nama "Jebred" berasal dari bahasa Jawa yang berarti "terbalik." Nama ini merujuk pada cara unik penyajian sate ini, yang diberikan kepada pelanggan dengan ulekan atau tusuk sate berada di atas piring dengan sisi yang lebih rendah menghadap atas. Penyajian yang unik ini memberi Sate Jebred sentuhan yang berbeda dari sate-sate lainnya.

Sate Jebred terbuat dari bahan dasar kulit sapi ataupun kulit kerbau yang dipotong kecil-kecil dan dicampur dengan bumbu rempah khas Jawa Tengah, seperti bawang putih, bawang merah, kunyit, dan ketumbar. Setelah daging dimarinasi dalam bumbu tersebut, mereka ditusuk dengan ulekan bambu dan kemudian dibakar di atas bara api. Proses pemanggangan ini memberi Sate Jebred cita rasa yang khas, dengan aroma harum bumbu yang terbakar dan daging yang empuk.


Biasanya, Sate Jebred disajikan dengan lontong (nasi ketan yang dibungkus daun pisang) yang lezat. Saus kacangnya terbuat dari kacang tanah yang digiling halus dan dicampur dengan bumbu, seperti kecap manis, gula merah, dan air asam. Kombinasi daging yang beraroma, saus kacang yang gurih, dan lontong yang lembut menciptakan paduan rasa yang sangat enak.

Baca juga: Jajanan Merk Indomaret Murah dan Enak 2023, Bikin Perut Kenyang Hati Pun Senang

Baca juga: Daftar Harga Menu Jajanan Bakar Serba Rp2000an, Cocok Untuk Wisata Kuliner Bareng Buah Hati Tercinta

Baca juga: Daftar Harga Menu Jajanan Korean Food di Pekanbaru Terbaru 2023, Kuliner Khas Negeri Ginseng yang Menarik Hati

Tak hanya itu sate jebret juga ada parutan kelapa yang rasanya manis. Sehingga membuat orang nagih untuk memakannya.

Sekian ringkasan informasi yang dapat kami sampaikan kepada kalian semua. Semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat ya.

Sumber:

UPDATE TERBARU