Tuesday 7th of May 2024

Contoh Penerapan P5 di Lingkungan Sekolah Beserta Manfaat untuk Peserta Didik

×

Contoh Penerapan P5 di Lingkungan Sekolah Beserta Manfaat untuk Peserta Didik

--

ASCOMAXX.com - Sekarang ini P5 menjadi salah satu unsur dalam kurikulum Merdeka yang wajib diajarkan. Pada artikel berikut, kami akan membagikan informasi terkait dengan contoh penerapan P5 di lingkungan sekolah beserta dengan manfaatnya. 

P5 adalah unsur yang dalam sistem pendidikan Indonesia melalui Kurikulum Merdeka. Dengan adanya P5, siswa akan mengalami perkembangan dalam kompetensi dan karakter terkait dengan topik tertentu.


P5 adalah inisiatif pemerintah Indonesia untuk mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan generasi muda sebagai calon pemimpin bangsa. Penerapan P5 tidak terbatas pada mata pelajaran tertentu, melainkan menjadi porsi khusus yang dimasukkan dalam setiap mata pelajaran di sekolah.

Baca juga: Rangkuman Materi Bahasa Jawa Kelas 7 Semester 2 Kurikulum Merdeka, Terlengkap di Tahun 2023!

Baca juga: Download Soal Bahasa Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka PDF, Cek Juga Kumpulan Materinya!

Baca juga: Link Download Buku Bahasa Sunda Kelas 3 Semester 1-2 SD/MI Kurikulum Merdeka Untuk Siswa dan Guru

Mengenal Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka menawarkan keragaman dalam pembelajaran intrakurikuler, di mana isi kurikulum disusun sedemikian rupa agar peserta didik memiliki lebih banyak waktu untuk memahami konsep dan meningkatkan kompetensi mereka.

Guru diberikan kewenangan dalam memilih beragam alat bantu pengajaran, sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Kurikulum Merdeka memberi ruang kepada pendidik untuk menciptakan pengalaman belajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Beberapa karakteristik utama dari Kurikulum Merdeka meliputi pengembangan keterampilan dan karakter yang lembut, fokus pada materi inti, serta pendekatan pembelajaran yang bersifat fleksibel.

Proyek-proyek yang bertujuan untuk memperkuat pemahaman profil pelajar Pancasila dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah, dan proyek-proyek tersebut tidak diarahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran khusus, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran.

Mengenal Arti P5

Mengacu pada informasi dari Balai Guru Penggerak Sulawesi Utara, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, disingkat P5, adalah program yang bertujuan membentuk Pelajar Pancasila yang memiliki perilaku yang sejalan dengan nilai-nilai Pancasila.

Sumber:

UPDATE TERBARU