Thursday 16th of May 2024

Penyebab Kabut Asap Tebal di Samarinda Masih Belum Diketahui, Warga di Imbau Untuk Tetap Waspada

×

Penyebab Kabut Asap Tebal di Samarinda Masih Belum Diketahui, Warga di Imbau Untuk Tetap Waspada

--

ASCOMAXX.com – Wali Kota Samarinda, Andi Harun mulai angkat bicara terkait kabut asap yang menyelimuti Kota Samarinda akhir-akhir ini. Menurutnya, hal tersebut dipicu oleh kebakaran lahan di berbagai daerah di Kalimantan Timur. Terutama pada bulan ini cuaca sangat panas akibat puncaknya musim panas yang terjadi pada akhir tahun 2023.

Sebelumnya memang permah terjadi kebakaran besar di TPA Bukit Pinang alias Gunung Sampah. “Tapi kita cek di TPA Bukit Pinang justru kebalikan, tidak ada kabut asal di sana,” jelas Andi Harun. 


Baca juga: Viral Kasus Remaja 19 Tahun Jadi Mucikari, Jual Siswa SMP Ke Om-om Bawa Pulang Rp 500k - 1 Juta Per Sesi

Baca juga: Apa Itu Beras Sintetis yang Sempat Hebohkan Warga Medan? Begini Tips Pilih Beras yang Baik dan Benar!

Baca juga: Restoran Bandung ini Tawarkan Makan Bersama Hantu, Siap Uji Nyali! Pecinta Kuliner Wajib Coba

“Jangan-jangan ada kebakaran lahan di wilayah lain. Kita akan amati semua daerah, saya sudah mengamati sampai Balikpapan. Sementara mohon masyarakat yang terdampak asap untuk memakai masker,” tambah Andi.

Andi Harun membenarkan adanya kabut asap yang membumbung tinggi di langit Kota Samarinda. Salah satu penyebabnya yakni terjadinya kebakaran lahan di suatu wilayah. Namun, ia menyebut sumber kabut asap tidak hanya di daerah Samarinda saja, melainkan dari berbagai wilayah.

"Kabut asap tidak hanya di Samarinda saja, kemarin kita amati rupanya Balikpapan juga sama. Maka dari itu, ini butuh koordinasi bersama provinsi, untuk melihat daerah mana saja yang menjadi sumber kabut asap itu," tuturnya.

Sumber:

UPDATE TERBARU