Saturday 18th of May 2024

Acara Walimatus Safar Adalah? Berikut Makna dan Hukumnya Bagi Umat Muslim

×

Acara Walimatus Safar Adalah? Berikut Makna dan Hukumnya Bagi Umat Muslim

--

ASCOMAXX.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai acara Walimatus Safar yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia sebelum berangkat haji adalah menyelenggarakan walimatus safar. Acara ini biasa dihadiri keluarga, kerabat, sahabat, hingga tetangga. Kata walimah memiliki bentuk jamak walaim yang berasal dari kata awlam yang artinya berpesta, mengadakan kenduri atau jamuan. Adapun, kata safar memiliki arti perjalanan.


Baca juga: Sinopsis Sijjin (2023) Adaptasi Film Horor Turki Soal Exorcism Islami Berjudul Siccin yang Disebut Jadi Horo Paling Seram

Baca juga: Contoh Kalimat Pembukaan Dalam Memimpin Yasin dan Tahlil yang Benar Sesuai Ajaran Agama Islam

Baca juga: Link Download Pembukaan MC Islami Untuk Pengajianan Rutinan atau Akbar, Unduh di Sini!

Melansir dari berbagai sumber, walimatus safar adalah acara syukuran sekaligus berpamitan untuk berangkat ke Tanah Suci dalam rangka menunaikan ibadah haji. Istilah walimatus safar sendiri tidak ditemukan dan dikenal dalam literatur Islam sebelum akhirnya muncul tahun 1970-1n.

Hukum Menggelar Walimatus Safar

Walimatus safar juga dikenal dengan ratiban yang mana dilakukan untuk membaca ayat-ayat suci Al-Qur'an, membaca sholawat, dan mendoakan orang yang melaksanakan haji agar diberi keselamatan dan mabrur ibadah hajinya.

Diketahui jika acara semacam ini baik dalam rangka pelaksanaan ibadah haji maupun kegiatan lainnya dan hukumnya sunnah. Sehingga, apabila hal dikerjakan akan mendapat pahala dan apabila ditinggalkan tidak berdosa.

Sumber:

UPDATE TERBARU