Wednesday 29th of May 2024

Contoh Teks Pranatacara Pernikahan Menggunakan Bahasa Jawa Formal dan Runtut!

×

Contoh Teks Pranatacara Pernikahan Menggunakan Bahasa Jawa Formal dan Runtut!

--

ASCOMAXX.com - Teks pranatacara pada acara pernikahan ini penting sekali disiapkan. Bahkan, sebelum itu juga perlu dipelajari supaya bisa lancara saat acara berlangsung. Nah, berikut ini adalah contoh teks pranatacara pernikahan menggunakan bahasa Jawa yang bisa jadi contoh untuk kalian.

Walaupun saat ini sebagian besar masyarakat Jawa menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dalam berbagai acara perayaan, namun masih ada sebagian masyarakat Jawa yang tetap mempertahankan penggunaan bahasa Jawa sebagai medium komunikasi.


Terkait dengan tugas seorang pembawa acara berbahasa Jawa, disebut sebagai pranata cara atau pranata adicara, di mana individu ini bertindak sebagai pemandu dalam sebuah acara dan menggunakan bahasa Jawa krama. Seperti teks MC temu manten berikut ini.

Acara temu manten adalah sebuah perayaan atau pertemuan yang diadakan dalam konteks pernikahan di Indonesia. Biasanya, acara ini merupakan bagian dari rangkaian pernikahan tradisional Jawa, meskipun konsep ini dapat ditemui dalam berbagai budaya di Indonesia.

Baca juga: Rundown Acara Seminar Pendidikan Beserta Teks MC, Bisa Jadi Referensi untuk Acara Lebih Meriah!

Baca juga: 3 Contoh Teks MC Bahasa Sunda Acara Pentas Seni, Bisa Langsung Edit!

Baca juga: Teks MC/Pembawa Acara Formal dengan Bahasa Inggris, Mudah Dihafalkan Untuk Para Pemula

Acara temu manten biasanya diadakan setelah pihak calon pengantin laki-laki dan perempuan resmi bertunangan. Acara ini menjadi kesempatan bagi kedua keluarga dan teman-teman dekat untuk bertemu, berkenalan, dan merayakan persatuan kedua mempelai.

Biasanya, acara ini dihiasi dengan dekorasi yang khas, seperti tenda, bunga-bungaan, dan hiasan-hiasan tradisional. Selain itu, temu manten juga dimeriahkan dengan musik, tarian, serta hidangan makanan dan minuman lezat. 

Teks Pranatacara Pernikahan Bahasa Jawa

Assalamu alikum Wr. Wb.

Hadlrotal Mukarrom Poro Alim Ulama’ poro Kyai ingkang satuhu dahat kinurmatan.

Poro sesepuh, pinisepuh, sanak lan kadang ingtkang sinubo ing pakurmatan.

Poro pilenggah kakung sumawono putri, sumrambahipun poro duto saroyo pangombyong temanten.......ingkang tansah suko basuki.

Agunging raos syukur dumateng ngarso dalem Allah SWT. Ingkan sampun paring lumebering hidayah, soho kanikmatan dumateng kito lan panjenengan sami, sumonggo kito ikroraken kanti waosan tahmid: Alhamdulillahirabbil “alamin.

Shalawat ugi salam mugio tansah kaaturaken dumateng junjungan kito Nabi Agung Muhammad SAW.ingkan saestu kito nyadong lumunturing syafa’at benjang wonten pakewuh ipun dinten qiyamat.

Poro rawuh ingkang pinundi, mboten ateges cumantoko kawulo jumeneng wonten ngarso panjenengan sami anamung piniji minongko pambiworo lampahing adicoro pasamuhan walimatul urs ipun Raden Bagus ... bin ...kalian Raden ajeng Roro ... binti ...

Sumber:

UPDATE TERBARU