Thursday 16th of May 2024

Contoh Teks MC Acara Tedak Siten Bahasa Jawa yang Lengkap, Bikin Upacara untuk Si Kecil Makin Meriah

×

Contoh Teks MC Acara Tedak Siten Bahasa Jawa yang Lengkap, Bikin Upacara untuk Si Kecil Makin Meriah

--

ASCOMAXX.com – Artikel berikut ini akan berbagi informasi mengenai contoh teks mc acara tedak siten yang simpel dan mudah dihapal yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Dalam sebuah acara seorang MC berperan penting sekali. MC nantinya akan menuntun jalannya acara dari awal hingga akhir. Sebelum acara tentu MC harus menyiapkan sebuah teks atau naskah yang dibawakan saat acara. 


Di dalam teks MC, biasanya terdapat pembukaan acara yang menyampaikan salam, memperkenalkan diri, menyampaikan ucapan terima kasih kepada para tamu undangan dan pembicara, serta memberikan penjelasan singkat mengenai tujuan acara.

Baca juga: Teks MC dan Susunan Acara Serah Terima Jabatan yang Formal Agar Acara Berlangsung Khidmat

Baca juga: Naskah MC dan Susunan Acara Pernikahan Adat Sunda yang Baik dan Benar, Prosesi Jadi Makin Sakral

Baca juga: Contoh Teks MC Pembawa Acara Dangdut Jawa yang Lucu dan Singkat, Langsung Print Aja

Peneliti Sastra dan Budayawan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia Dr. Sunu Wasono menjelaskan, tedak siten merupakan bagian dari adat Jawa. Menurut dia, tedak siten berasal dari kata tedak dan siten atau siti. Upacara ini berisi doa dan harapan agar kelak anak menjadi orang yang berhasil.

Tedak siten diadakan saat anak berusia 8 bulan. Lebih lanjut, orang Jawa terbiasa menghitung waktu berdasarkan hari pasaran, yakni satu pekan terdiri dari lima hari antara lain Pon, Wage, Kliwon, Legi, dan Pahing.

Sepekan ada lima hari. Selapan dina (selapan hari) = 35 hari (7x5). Ritual tedak siten dilaksanakan ketika anak berusia 7 x 35 hari. Pada usia tersebut, anak sudah mulai diperkenalkan dengan tanah atau bumi.

Sumber:

UPDATE TERBARU