Wednesday 15th of May 2024

Tujuan Sound Check Dangdut dan Cara Melakukannya, Penting Banget Biar Pertunjukan Berjalan Mulus

×

Tujuan Sound Check Dangdut dan Cara Melakukannya, Penting Banget Biar Pertunjukan Berjalan Mulus

--

ASCOMAXX.com – Yang suka nontonin live show pasti sudah tak asing lagi dengan cek sound atau sound check. AKtivitas rutin ini umumnya dilakukan sebelum menyelenggarakan pertunjukan. Langsung saja pada kesempatan kali ini kami akan menyampaikan informasi mengenai tujuan sound check dangdut dan cara melakukannya untukmu. Simak di sini hingga usai ya! 

Kegiatan check sound sejatinya penting dilakukan untuk memastikan kualitas sistem suara yang terpasang. Check sound adalah sebuah proses persiapan bagaimana mengatur setiap instrumen musik termasuk vokal.


Mikrofon, salah satu alat musik yang akan digunakan, secara sistem harus bisa ter-input dengan baik ke mixer dan speaker utama, yang output-nya akan didengar audiens.

Baca juga: Cara Pemasangan Aksesoris Sound System Area Lapangan (Outdoor) Lengkap Dengan Peralatan yang Wajib Disiapkan

Baca juga: Perbedaan Sistem 2 Way Dan 4 Way Dalam Sound System Yang Wajib Kamu Tahu

Baca juga: Pengertian Sistem Sound Speaker 2 Way 3 Way Hingga 4 Way Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya Lengkap

Saat check sound, lanjut pemilik MRH Studio+, biasanya para kru atau anggota band akan memastikan seluruh alat musiknya menyala dan berfungsi dengan baik.

Kemudian dites baik dalam bentuk jam session ataupun memainkan satu lagu, sebab tujuan dari check sound adalah untuk menemukan harmonisasi alat musik ketika dimainkan.

Namun, apabila check sound dilakukan langsung oleh band atau musisi bersangkutan, mereka akan memainkan lagu sampai habis atau bahkan berulang-ulang dengan lagu yang berbeda.

Sumber:

UPDATE TERBARU