Sunday 19th of May 2024

Mengenal Jenis Apreasiasi Karya Seni: Aktif dan Pasif

×

Mengenal Jenis Apreasiasi Karya Seni: Aktif dan Pasif

--

ASCOMAXX.com - Apreasiasi merupakan suatu pendapat terhadap suatu hal, termasuk karya seni. Pada artikel berikut ini kami akan membagikan pengertian tentang apreasiasi karya seni beserta dengan jenis dan contoh lengkapnya. Simak informasi lengkapnya.

Apresiasi pasif adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan tindakan atau sikap seseorang yang hanya menerima atau mengakui keberadaan atau nilai suatu hal tanpa adanya partisipasi atau kontribusi aktif dari pihak tersebut.


Dalam konteks ini, individu atau kelompok yang melakukan apresiasi pasif tidak terlibat secara langsung dalam proses atau upaya yang terkait dengan hal yang dihargai.

Baca juga: Kumpulan Soal Menyusun Kalimat Kelas 3 SD dan Kunci Jawabannya, Ajari Anak Lebih Paham Bahasa

Baca juga: Contoh Kalimat Sederhana Untuk Anak TK, Tingkatkan Kemampuan dan Tumbuh Kembang Anak dalam Membaca!

Baca juga: Contoh Kata Sambutan Rapat Desa, Mudah Dihafal! Gunakan Kalimat Tersebut Biar Rapat Khusuk

Mereka mungkin mengakui atau menyukai suatu karya seni, prestasi, atau kontribusi orang lain tanpa ikut terlibat dalam pembuatannya atau memberikan kontribusi yang signifikan.

Seringkali, apresiasi pasif dapat dianggap sebagai sikap yang kurang berperan aktif dalam menghargai atau mendukung sesuatu, dibandingkan dengan partisipasi atau kontribusi langsung dalam penciptaan atau pengembangan hal tersebut.

Pengertian Apreasiasi Pasif dan Aktif

Menurut Harry Sulastianto dalam bukunya "Seni dan Budaya" (2006: 14-15), apresiasi adalah ekspresi dari sikap kepekaan dalam menghargai, mengagumi, dan menilai sebuah karya seni. Terdapat dua bentuk apresiasi yang bisa dilakukan, yaitu apresiasi aktif dan apresiasi pasif.

Sumber:

UPDATE TERBARU