Friday 3rd of May 2024

Kumpulan Contoh Teks Diskusi Efektif Berbagai Tema, Pelajari Selengkapnya Disini!

×

Kumpulan Contoh Teks Diskusi Efektif Berbagai Tema, Pelajari Selengkapnya Disini!

--

ASCOMAXX.com - Teks diskusi dalam pelajaran bahasa Indonesia akan kami bagikan pada artikel berikut ini. Nah, contoh berikut ini bisa kalian jadikan bahan pembelajaran di kelas maupun sekolah. Simak selengkapnya disini.

Bahasa Indonesia adalah salah satu mata pelajaran wajib yang termasuk dalam mata pelajaran adaptif. Mata pelajaran Bahasa Indonesia ini juga merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan guna meningkatkan keterampilan peserta didik untuk berbahasa.


Bahasa Indonesia menjadi salah satu mata pelajaran yang ada di jenjang SMP/MTS. Mata pelajaran ini diajarkan pada kelas 7, 8, dan 9. Setiap semesternya, Bahasa Indonesia akan dibuat ujian untuk mengukur kemampuan siswa. Pada pelajaran SMP, Bahasa Indonesia akan membahas tentang teks diskusi.

Baca juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 8 Kurikulum Merdeka, Teks Laporan Hasil Observasi

Baca juga: Soal Bahasa Indonesia Kelas 1 SD PDF, Latihan Untuk Ujian UAS Semesteran

Baca juga: Download Soal Bahasa Indonesia Kelas 4 Semester 2 PDF, Materi Tentang Pantun!

Mengenal Teks Diskusi

Teks diskusi merupakan jenis teks yang memberikan informasi dan sudut pandang terhadap suatu isu, dengan menampilkan perspektif pro dan kontra secara seimbang, sehingga dapat digunakan sebagai materi untuk perdebatan atau diskusi.

Secara umum, teks diskusi memiliki karakteristik, struktur, dan prinsip bahasa sebagai berikut.

Karakteristik Teks Diskusi Strukturnya terdiri dari bagian isi, argumen pendukung, argumen penentang, dan kesimpulan. Mengandung informasi yang bersifat informatif-argumentatif. Menggunakan kata-kata penghubung yang menunjukkan perlawanan, seperti "tetapi," "sedangkan," dan sejenisnya.

Struktur Teks Diskusi Pertama, terdapat isu atau masalah yang dibahas sebagai bagian pembukaan. Kemudian, ada argumen yang mendukung (pro) terkait topik diskusi. Selanjutnya, terdapat argumen yang menentang (kontra), yang berisi bukti dan alasan yang berlawanan dengan argumen pendukung.

Akhirnya, terdapat kesimpulan atau saran, yang merupakan pandangan akhir yang menciptakan jalan tengah dari isu yang sedang dibahas.

Contoh Teks Diskusi Efektif

Dilansir dari Quipper.com, berikut ini adalah contoh teks diskusi yang bisa kalian pelajari:

- Contoh 1

Perlukah Seragam Sekolah?

Isu

Penggunaan seragam sekolah menjadi topik diskusi terhangat antara orang tua dan pengelola sekolah. Tak sedikit pula masyarakat yang memperdebatkan manfaat seragam sekolah, dan sebagian mempercayai kerugian yang jauh lebih banyak dari penggunaan seragam sekolah.

Argumen Pendukung

Pada pihak-pihak pendukung, mereka berpendapat bahwa seragam sekolah bisa mengurangi adanya tekanan pada anak dari teman sebayanya. Seragam juga dapat memberikan jalan keluar bagi anak-anak miskin, agar tidak menerima ejekan dari anak-anak yang hidupnya serba berkecukupan. Selain itu, seragam pun terbuat dari bahan yang tahan lama dan mudah dirawat.

Argumen Penentang

Sementara itu, pihak-pihak yang kontra terhadap penggunaan seragam sekolah berpendapat, bahwa seragam sekolah bisa menghalangi pengekspresian diri melalui pakaian. Menggunakan seragam sama saja memaksa anak-anak mencari cara lain untuk menempatkan diri tentang siapa mereka. Ekspresi diri dan individualitas merupakan dua hal penting untuk perkembangan anak.

Sumber:

UPDATE TERBARU