Friday 1st of March 2024

Mengenal Computational Thinking Beserta Manfaat dan Cara Penerapan yang Efektif

×

Mengenal Computational Thinking Beserta Manfaat dan Cara Penerapan yang Efektif

--

ASCOMAXX.com -  Informatika merupakan salah satu jurusan yang mempelajari pemrograman komputer dengan bahasa komputer atau coding. Berikut  ini adalah informasi terkait dengan Computational Thinking yang bisa kaalian simak dibawah ini.

Pelajaran informatika adalah mata pelajaran yang membahas tentang komputer dan teknologi informasi. Dalam pelajaran ini, siswa diajarkan tentang dasar-dasar pemrograman, penggunaan perangkat lunak, hardware komputer, serta konsep-konsep fundamental dalam dunia komputer.


Siswa juga mempelajari bagaimana komputer bekerja, cara mengelola data, dan prinsip-prinsip keamanan informasi. Selain itu, informatika juga mengajarkan keterampilan praktis seperti pengolahan dokumen, penggunaan spreadsheet, presentasi, dan navigasi internet.

Tujuan utama dari pelajaran informatika adalah untuk mempersiapkan siswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam era digital ini, di mana teknologi informasi memainkan peran penting dalam hampir semua aspek kehidupan dan pekerjaan.

Baca juga: Mengenal Sandi Pramuka Untuk Jenjang Siaga, Penggalang, Penegak, Maupun Pandega

Baca juga: Mengenal Aliran Abstraksionisme: Ciri, Jenis dan Tokoh Karya Terkenal!

Baca juga: Mengenal Lukisan Aliran Kubisme: Pengertian, Ciri-ciri dan Contoh Karya Terkenal

Pengertian Computational Thinking

Pemikiran komputasional, juga dikenal sebagai cara berpikir komputasional, adalah metode pemecahan masalah yang meniru langkah-langkah yang diambil oleh seorang programmer ketika mereka merancang program dan algoritma komputer.

Konsep pemikiran komputasional ini dianggap sebagai pendekatan untuk menyelesaikan masalah dengan cara yang efisien, efektif, dan komprehensif. Dalam praktiknya, pemikiran komputasional meminta siswa untuk merumuskan masalah dalam bentuk permasalahan yang dapat dipecahkan dengan komputer, dan kemudian merancang solusi komputasional yang tepat.

Oleh karena itu, pemikiran komputasional telah menjadi alat pembelajaran yang sangat efektif di dalam lingkungan kelas.

Sumber:

UPDATE TERBARU