Tuesday 21st of May 2024

Gambar Detail Paes Ageng Jangan Menir, Mulai Cunduk Menthul hingga Selop Bludiran

×

Gambar Detail Paes Ageng Jangan Menir, Mulai Cunduk Menthul hingga Selop Bludiran

--

Susnan Paes Ageng Jangan Menir

1. Cunduk Menthul

Cunduk mentul adalah atribut yang letaknya di kepala yang menjulang tinggi ke atas. Cunduk mentul biasanya terdiri dari 5 sampai 7 bulatan. Namun sebenarnya cunduk mentul dapat berjumlah 1, 3, 5, 7 atau 9.


2. Gunungan

Gunungan atau Pethat Gunungan berbentuk menyerupai gunung. Gunungan menandakan bahwa perempuan harus juga dihormati oleh suaminya.

3. Cithak

Cithak terletak di tengah kening dan dibuat dengan cara dilukis. Terletak di atas kedua alis, cithak melambangkan bahwa seorang wanita harus berpikiran ke depan, fokus, dan menjadi pribadi yang setia. 

4. Centhung

Centhung disematkan di sisi kanan dan kiri kepala pengantin perempuan. Centhung berjumlah dua buah dan melambangkan gerbang kehidupan baru yang akan dilalui pengantin wanita bersama pasangannya. 

5. Paes Prada

Paes Prada merupakan sebuah riasan yang dibuat di kening pengantin wanita. Bentuknya berwarna hitam dan berbentuk garis lengkung. Terdapat satu lengkungan besar yang dibuat di tengah, dan diapit oleh lengkungan-lengkungan kecil.

6. Alis Menjangan

Citak berada tepat di tengah-tengah. Sebagai simbol bahwa seorang wanita harus fokus, berpandangan lurus ke depan, dan setia.

7. Kalung Sungsun

Kalung ini bersusun tiga. Simbol dari tiga fase kehidupan yang harus dilalui oleh seorang wanita.

8. Subang Ronyok

Subang ronyok disematkan di telinga kiri dan kanan pengantin wanita. Aksesoris ini terbuat dari emas berlian dan memiliki makna cahaya kehidupan serta harapan akan terciptanya keabadian

Baca juga: Kumpulan Hati Bersinar PSHT Vector HD, Simbol Khas Perguruan Silat Paling Keren!

Baca juga: Makna Bunga Terate pada PSHT (Persaudaraan Setia Hati Terate), Simbol Kesetiaan dan Harmoni

Baca juga: Arti Simbol Remote TV Polytron Lengkap, Bisa Buat Mengubah Ukuran Layar TV

Sumber:

UPDATE TERBARU