Tuesday 14th of May 2024

Rekomendasi Jargon Pramuka Singkat Terunik Yang Wajib Kamu Tahu, Bisa Jadi Inspirasi Buat Regumu

×

Rekomendasi Jargon Pramuka Singkat Terunik Yang Wajib Kamu Tahu, Bisa Jadi Inspirasi Buat Regumu

--

ASCOMAXX.com - Yang ikut pramuka merapat! Melalui artikel pada kesempatan kali ini akan kami sampaikan sampaikan informasi kumpulan rekomendasi jargon pramuka singkat yang bisa jadi inspirasi dalam berkegiatan biar makin semangat. Simak artikel di bawah ini untuk mengetahui kelengkapan informasinya, ya.

Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana. Organisasi tersebut merupakan wadah proses pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan di Indonesia. 


Berdasarkan dunia internasional, Pramuka disebut dengan istilah “Kepanduan” (Boy Scout). Karena nilai-nilainya yang mengajarkan kebaikan dan dasar dalam kehidupan tak heran pramuka ada di setiap lini masyarakat termasuk sekolah.

Baca juga: Contoh Struktur Kepanitiaan Acara di Sekolah Mulai Dari Dies Natalies, Perpisahan, MPLS, Hingga Kegiatan Tengah/Akhir Semester

Baca juga: Contoh Laporan Kegiatan Secara Umum, Bisa Dijadikan Referensi Laporan Kegiatanmu!

Baca juga: Fungsi Laporan Kegiatan yang Harus Kamu Tau! Untuk Bahan Evaluasi dan Pemantauan

Untuk gerakan pramuka di tingkat SD sendiri terdapat 2 golongan yaitu siaga dan penggalang. Nah, di jenjang pendidikan yang lebih tinggi pramuka masih jadi organisasi yang tak pernah absen. 

Pengertian Jargon Pramuka 

Jargon sengaja dibuat untuk menyederhanakan bahasa sehingga dapat mengurangi terjadinya kesalahan dan kebingungan antaranggota kelompok. Selain itu, jargon berfungsi sebagai alat komunikasi antaranggota kelompok untuk mengakrabkan diri dan menyalurkan emosi serta perasaan dalam suatu aktivitas.

Fungsi penggunan jargon yang ditemukan dalam penelitian ini ada tiga fungsi yaitu fungsi informatif untuk menyampaikan informasi, fungsi transaksional untuk mengadakan hubungan antara seseorang dengan orang lain, dan fungsi direktif untuk membujuk serta meyakinkan orang lain.

Sumber:

UPDATE TERBARU