Friday 17th of May 2024

Contoh Soal Sandi Ambalan Pramuka Penegak Lengkap Dengan Cara Mengerjakannya yang Mudah

×

Contoh Soal Sandi Ambalan Pramuka Penegak Lengkap Dengan Cara Mengerjakannya yang Mudah

--

ASCOMAXX.com – Berikut ini kami akan berikan informasi mengenai contoh soal Sandi Ambalan pramuka penegak. Buat kamu yang sudah penasaran langsung saja cek di sini, ya! 

Sandi pramuka adalah salah satu media pembelajaran yang digunakan sebagai kode atau tanda khusus dalam sebuah perkumpulan pramuka. Sandi pramuka dapat melatih ketelitian, daya ingat, konsentrasi, dan kecerdasan. Sandi juga dapat digunakan sebagai pengantar bahasa bagi orang-orang yang memiliki kebutuhan khusus.


Sehingga mempelajari Sandi sangat penting dan berguna bagi tiap anggota pramuka, terlebih Sandi juga tertuang pada poin – poin Syarat Kecakapan Umum bagi anggota Pramuka.

Baca juga: Jenis Sandi Ular Pramuka, Ada yang Berjalan Hingga Zig-Zag

Baca juga: Sandi Ular Pramuka Siaga Lengkap Dengan Penjelasannya, Bacanya Berkelok-Kelok!

Baca juga: Kumpulan Gambar Komik Tentang Pramuka Dengan Ragam Tema

Sandi ambalan menjadi sebuah kelengkapan dan juga tradisi kehidupan yang ada pada setiap ambalan Pramuka Penegak. Sandi tersebut serupa dengan sebuah kode kehormatan atau ungkapan hati yang merujuk pada sikap positif setiap anggota pramuka Penegak.

Sandi yang dimaksud dibuat oleh anggota Pramuka sendiri, kemudian diusulkan dalam musyawarah ambalan. Nantinya, salah satu usulan yang telah diterima oleh semua anggota lainnya akan dijadikan sebagai sandi ambalan tersebut.

Menurut SK Surat Keputusan (SK) Kwartir Nasional (Kwarnas) Nomor 231 Tahun 2007 pengertian ambalan adalah satuan gerak Pramuka tingkat Penegak, yang didalamnya terdapat sangga dan dipimpin oleh seorang Pradana, dibawah bimbingan Pembina Ambalan. 

Ambalan merupakan suatu bagian dari Gugus Depan (Gudep) Pramuka yang menjadi semacam pangkalan atau tempat untuk menghimpun anggota Pramuka Penegak. Pramuka Penegak adalah mereka yang berusia 16-20 tahun, atau setara dengan SMA dan diatasnya.

Sumber:

UPDATE TERBARU