Friday 17th of May 2024

Contoh Susunan Acara Khataman Al-Qur'an, Jadikan Inspirasi Untuk Acara Lebih Lancar

×

Contoh Susunan Acara Khataman Al-Qur'an, Jadikan Inspirasi Untuk Acara Lebih Lancar

--

ASCOMAXX.com – Akan mengadakan acara khataman? Nah, pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai contoh susunan acara khataman Al-Qur'an yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulsan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Membaca Al-Qur'an adalah salah satu anjuran yang harus dilakukan oleh setiap umat muslim. Mengkhatamkan Al-Qur'an menjadi salah satu capaian yang dilakukan oleh orang-orang yang bersungguh-sungguh dalam berinteraksi dengan Al-Qur'an.


Baca juga: 3 Contoh Teks MC Bahasa Sunda Acara Pentas Seni, Bisa Langsung Edit!

Baca juga: Kumpulan Contoh Gambar Komik Sederhana Mksimal 4 Panel, Cocok Buat yang Baru Belajar

Baca juga: Struktur Organisasi CV dan Tanggung Jawab Setiap Bagiannya, Disertai dengan Contoh Bagan

Mengkhatamkan Al-Qur’an sendiri, artinya mampu menuntaskan bacaan Al-Qur’an dari setiap deretan huruf demi huruf, kalimat demi kalimat, ayat demi ayat hingga tuntas dari awal surat Al-Fatihah hingga surat An-Nas. Umumnya mengkhatamkan Al-Qur’an banyak dilakukan oleh banyak orang ketika bulan Ramadhan, karena bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Qur’an.

Keutamaan Khataman Al-Qur'an

Terdapat keutamaan-keutamaan ketika kita telah mengkhatamkan Al-Qur’an kemudian dilanjutkan dengan berdoa. Adapun beberpa keutamaan tersebut dijelaskan dalam beberapa hadis di bawah ini:

اِذَا خُتِمَ الْقُرْأٓنُ نَزَلَتِ الرَّحْمَةُ  

"Apabila dikhatamkan Al-Qur’an, maka turunlah rahmat Allah". (HR. Imam Ath-Thabrani dan Imam Ibnu Abi Syaibah dari Imam Mujahid).

مَنْ قَرَأَ الْقُرْأٓنَ ثُمَّ دَعَا، أَمَّنَ عَلَى دُعَائِهِ اَرْبَعَةُ اَلَافِ مَلِكٍ  

"Barang siapa telah membaca Al-Qur’an (khatam) kemudian dia berdoa, maka ada 4 ribu malaikat yang mengaminkan doanya". (HR. Imam Ad-Darimi)

Sumber:

UPDATE TERBARU