Sunday 5th of February 2023

Sejarah Irigasi di Indonesia, Ternyata Jadi Alasan Adanya Waduk Serbaguna Pertama

×

Sejarah Irigasi di Indonesia, Ternyata Jadi Alasan Adanya Waduk Serbaguna Pertama

--

ASCOMAXX.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai sejarah irigasi di Indonesia yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Pertanian merupakan salah satu kegiatan yang penting di Indonesia. Untuk melakukan kegiatan tersebut, para petani membutuhkan air yang mana dapat membantu tumbuhnya tanaman di sawah.


Baca juga: Cara Menghapus Nomor Kontak yang Sudah Diblokir di WhatsApp Sebelumnya, Supaya Hilang dari Daftar Kontak

Baca juga: Link Nonton Drama China Please Don't Spoil Me Season 4 (2023) Full Episode Sub Indo, Ketika Tokoh Dari Buku Hidup di Dunia Nyata

Baca juga: 7 Dividen Saham Terbesar yang Banyak Dilirik di Tahun 2023! Emiten Sahamnya Sudah Berlangsung Dari 2022!

Irigasi merupakan usaha penyediaan dan pengaturan air untuk menunjang pertanian. Irigasi juga diartikan sebagai pembuangan air buatan dari sumber air yang tersedia ke suatu lahan.

Tujuan mengalirkannya secara teratur sesuai dengan kebutuhan tanaman pada saat suplai infiltrasi tanah tidak mencukupi untuk mendukung pertumbuhan tanaman, sehingga tanaman bisa tumbuh normal.

Pengertian Irigasi Menurut Para Ahli

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2001, irigasi atau pengelolaan irigasi adalah segala upaya pemanfaatan air irigasi, termasuk pengoperasian dan pemeliharaan, pengamanan, pemulihan, dan peningkatan jaringan irigasi.

Sedangkan berdasarkan UU No. 7 Tahun 2004 bukan lebih dari sekedar upaya penyediaan air untuk tujuan pertanian saja, tetapi cakupan yang lebih luas termasuk:

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU