Friday 29th of September 2023

Shalat Sunnah Ashar Dilakukan Sebelum atau Sesudah? Ternyata Begini Penjelasan Lengkapnya!

×

Shalat Sunnah Ashar Dilakukan Sebelum atau Sesudah? Ternyata Begini Penjelasan Lengkapnya!

--

ASCOMAXX.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai shalat sunnah Ashar dilakukan sebelum atau sesudahnya yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Shalat merupakan sebuah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap umat muslim. Shalat sendiri dibagi menjadi shalat wajib dan sunnah. Untuk shalat wajib hukumnya harus dikerjakan sedangkan sunnah boleh dikerjakan, boleh tidak.


Baca juga: Format Berita Acara Permintaan Peralatan Kantor Untuk Dokumen Legalitas Sekaligus Bukti Dari Transaksi

Baca juga: Cara Menghitung Tiang Balok Bentang 7 Meter Lengkap dengan Dimensi Kolom dan Dimensi Balok: Catat!

Baca juga: Cara Daftar Franchise Olivia Bakery Beserta Harganya, Simak Informasi Lengkap Disini!

Tentang Shalat Sunnah Ashar

Melansir dari berbagai sumber shalat sunnah Ashar merupakan shalat sunnah yang mengiringi sholat fardhu Ashar atau yang akrab dikenal dengan salat sunnah rawatib. Pengerjaannya bisa dilakukan sebelum (qabliyah) atau pun sesudah (ba'diyah) salat fardhu.

Kapan Shalat Sunnah Ashar yang Benar Dilakukan?

Shalat sunnah Ashar atau salat sunnah rawatib ashar yang benar dilakukan adalah sebelum melakukan salat ashar. Hukum shalat sunnah ini adalah sunnah ghairu muakkad, sesuatu yang dikerjakan mendapatkan pahala dan jika ditinggalkan tidak mendapatkan siksa.

Shalat sunnah yang dilakukan sesudah shalat Ashar tidak ada dalam ajaran dan tuntunan Nabi Muhammad SAW. Bahkan termasuk dalam waktu yang dilarang untuk mendirikan shalat, hal ini sesuai dengan hadits dari Abi Said Al-Khudri RA:

لاَ صَلاَةَ بَعْدَ الصُّبْحِ حَتَّى تَرْتَفِعَ الشَّمْسُ، وَلاَ صَلاَةَ بَعْدَ العَصْرِ حَتَّى تَغِيبَ الشَّمْسُ

Artinya: "Tidak ada salat setelah salat subuh hingga matahari terbit. Dan tidak ada salat sesudah salat ashar hingga matahari terbenam," (HR Bukhari Muslim).

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU