Thursday 25th of July 2024

Cara Menghitung Sampel Penelitian Menggunakan Rumus Slovin dengan Mudah dan Praktis

×

Cara Menghitung Sampel Penelitian Menggunakan Rumus Slovin dengan Mudah dan Praktis

--

ASCOMAXX.com – Bingung menentukan sampel penelitian? Nah, pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai menentukan sampel penelitian dengan rumus Slovin yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Ketika akan melakukan penelitian, dibutuhkan metode agar penelitian tersebut berjalan secara runtut. Metode penelitian sendiri merupakan prosedur, tata cara atau langkah-langkah ilmiah yang digunakan untuk memperoleh data sebagai pemenuhan tujuan penelitian.


Baca juga: Mide Formatur Adalah? Berikut Pengertian dan Fungsi Tugasnya dalam Sebuah Organisasi

Baca juga: Nama-nama 35 Shahabiyah Nabi Muhammad SAW Adalah? Cek Jawabannya Disini!

Baca juga: Link Baca Webtoon Give Me the Money Bahasa Indonesia Full Chapter, Ketika Uang dan Kekayaan Adalah Segalanya

Dalam penelitian sendiri terdapat istilah sampel yang mana merupakan bagian dari populasi yang menjadi sumber data dalam penelitian, dimana populasi merupakan bagian dari jumlah karakteristik yang dimiliki oleh populasi. (Sugiyono, 2017:81)

Untuk menghitung sampel tersebut dapat digunakan rumus Slovin. Apa itu?

Tentang Rumus Slovin

Rumus Slovin, yang dinamakan dari ahli statistik dan matematikawan Slovenia, Leslie Kish, merupakan metode yang umum digunakan untuk menentukan ukuran sampel yang sesuai dengan populasi yang lebih besar.

Rumus ini memungkinkan peneliti untuk menghitung jumlah sampel yang dibutuhkan agar hasil penelitian mencerminkan karakteristik populasi secara akurat.

Sumber:

UPDATE TERBARU